Habibie & Ainun, Potret Kisah Cinta Sang Presiden Ketiga

Penulis: Pingit Aria

12/9/2019, 16.16 WIB

Habibie & Ainun meraih 4,6 juta penonton saat diputar pada 2012 lalu, menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa di Indonesia.

FOTO DOKUMENTASI. Mantan Presiden BJ Habibie (tengah) didampingi istri memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk mantan presiden Soeharto di RSPP, Jakarta, Selasa (15/1/2008) malam. Presiden ke-3 RI itu datang langsung dari Jerman ke Jakarta un
FOTO ANTARA/Ismar Patrizki
FOTO DOKUMENTASI. Mantan Presiden BJ Habibie (tengah) didampingi istri memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk mantan presiden Soeharto di RSPP, Jakarta, Selasa (15/1/2008) malam. Presiden ke-3 RI itu datang langsung dari Jerman ke Jakarta untuk menjenguk Soeharto.

Reza Rahadian menangis saat tiba di rumah duka almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (11/9) malam. Ia adalah aktor yang berperan sebagai Habibie muda dalam film Habibie & Ainun.

"Selamat jalan, eyang. Selamat bertemu kembali dengan eyang Ainun di tempat terindah di sisi-Nya," demikian pernyataan Reza melalui akun resmi Instagram fan base-nya, @officialpilarez.

Diputar pada 2012, Habibie & Ainun menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Dalam film yang meraih lebih dari 4,6 juta penonton selama tayang di bioskop itu, karakter Ainun diperankan oleh akris Bunga Citra Lestari.

Pertemuan Habibie dan Ainun terjadi saat keduanya masih belia. Habibie belajar banyak hal dari ayah Ainun, R. Mohammad Besari. Namun, saat beranjak dewasa, baru Habibie menyadari kecantikan Ainun.

(Baca: Putra Sulung Habibie: Bapak Meninggalkan Dunia dengan Rasa Cinta)

Keduanya jatuh cinta, lalu menikah pada 12 Mei 1962. Dari pernikahan itu, Habibie dan Ainun dikaruniai dua orang putra, Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Namun, romansa keduanya mendapat ujian saat Ainun didiagnosis mengidap kanker ovarium pada 24 Maret 2010. Habibie pun mendampingi Ainun selama perawatan intensif di Munchen, Jerman. Setelah Sembilan kali operasi, pada 22 Mei 2010, Ainun meninggal dunia.

Habibie mengalami duka mendalam sepeninggal Ainun. Mengutip situs resmi Gramedia, dia sempat menangis dan berteriak mencari-cari Ainun.

Kala itu, tim dokter menyarankan agar Habibie rutin menulis catatan pribadi sebagai bagian dari terapi. Usai berkutat dengan catatan pribadinya, kondisi Habibie pun kian membaik. Perlahan, dia ikhlas melepas kepergian Ainun dan kembali sibuk dengan berbagai kegiatan.

(Baca: Sri Mulyani: Pak Habibie, Selamat Kumpul Lagi Dengan Ibu Ainun)

Catatan Habibie itu kemudian diterbitkan sebagai buku, lalu diadaptasi dalam fim. Setelah film pertamanya, Habibie & Ainun menjadi box office pada 2012, film kedua yang berjudul Rudy Habibie dirilis pada 2016.

Kemudian, film Habibie & Ainun 3 akan tayang pada 19 Desember 2019. Jika pada film sebelumnya berfokus pada masa muda Habibie, maka pada film ini akan menyoroti masa muda Hasri Ainun Besari. Aktris Maudy Ayunda dipilih untuk memerankan sosok Ainun muda, sedangkan aktor Jefri Nichol didapuk berperan sebagai Habibie muda.

Sayangnya, Habibie lebih dulu pergi sebelum menyaksikan film ini. Setelah sembilan tahun terpisah, Habibie akan kembali 'bersua' dengan sang istri. Habibie dimakamkan di sisi kiri pusara sang istri di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan