Habibie & Ainun, Potret Kisah Cinta Sang Presiden Ketiga

Pingit Aria
12 September 2019, 16:16
FOTO DOKUMENTASI. Mantan Presiden BJ Habibie (tengah) didampingi istri memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk mantan presiden Soeharto di RSPP, Jakarta, Selasa (15/1/2008) malam. Presiden ke-3 RI itu datang langsung dari Jerman ke Jakarta un
FOTO ANTARA/Ismar Patrizki
FOTO DOKUMENTASI. Mantan Presiden BJ Habibie (tengah) didampingi istri memberikan keterangan kepada wartawan usai menjenguk mantan presiden Soeharto di RSPP, Jakarta, Selasa (15/1/2008) malam. Presiden ke-3 RI itu datang langsung dari Jerman ke Jakarta untuk menjenguk Soeharto.

Reza Rahadian menangis saat tiba di rumah duka almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (11/9) malam. Ia adalah aktor yang berperan sebagai Habibie muda dalam film Habibie & Ainun.

"Selamat jalan, eyang. Selamat bertemu kembali dengan eyang Ainun di tempat terindah di sisi-Nya," demikian pernyataan Reza melalui akun resmi Instagram fan base-nya, @officialpilarez.

Advertisement

Diputar pada 2012, Habibie & Ainun menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Dalam film yang meraih lebih dari 4,6 juta penonton selama tayang di bioskop itu, karakter Ainun diperankan oleh akris Bunga Citra Lestari.

Pertemuan Habibie dan Ainun terjadi saat keduanya masih belia. Habibie belajar banyak hal dari ayah Ainun, R. Mohammad Besari. Namun, saat beranjak dewasa, baru Habibie menyadari kecantikan Ainun.

(Baca: Putra Sulung Habibie: Bapak Meninggalkan Dunia dengan Rasa Cinta)

Keduanya jatuh cinta, lalu menikah pada 12 Mei 1962. Dari pernikahan itu, Habibie dan Ainun dikaruniai dua orang putra, Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Namun, romansa keduanya mendapat ujian saat Ainun didiagnosis mengidap kanker ovarium pada 24 Maret 2010. Habibie pun mendampingi Ainun selama perawatan intensif di Munchen, Jerman. Setelah Sembilan kali operasi, pada 22 Mei 2010, Ainun meninggal dunia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement