Lion Air Buka Rute Baru Medan - Kulonprogo Akhir September

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Ameidyo Daud

12/9/2019, 05.00 WIB

Rute ini merupakan penerbangan kedua Lion Air menuju Bandara Kulonprogo.

Lion Air, Bandara Kulonprogo, Rute Baru.
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Lion Air buka rute Bandara Kualanamu Medan - Bandara Kulonprogo Yogyakarta.

Maskapai nasional Lion Air membuka rute baru yang menghubungkan Bandara Internasional Kualanamu Medan dengan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo. Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan penerbangan ini akan efektif pada 25 September 2019.

Rute ini merupakan penerbangan kedua Lion Air menuju Bandara Kulonprogo. Juli lalu, maskapai milik Rusdi kirana ini telah menerbangi Bandara Kulonprogo menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. 

"Lion Air jadi maskapai pertama dan satu-satunya melayani rute Kualanamu Medan ke Kulonprogo Yogyakarta," ujar Danang dalam keterangan resmi Lion Air, Rabu (11/9).

(Baca: Lion Air Buka Rute Baru Makassar- Kulonprogo)

Dia menjelaskan nantinya penerbangan ini akan dilayani satu kali untuk pergi dan pulang setiap harinya. Penerbangan perdana dimulai oleh pesawat Lion Air bernomor JT-963 yang berangkat dari Kualanamu pukul 06.00 WIB dan mendarat di Kulonprogo jam 08.40 WIB. Untuk layanan sebaliknya, Lion Air bernomor JT-964 akan terbang dari Kulonprogo pada 09.20 WIB. dan tiba pukul 12.00 WIB di Kualanamu.

Bandara Kulonprogo mulai dioperasikan pada Mei 2019, namun baru beroperasi penuh pada Maret 2020 mendatang. Saat ini penerbangan dari dan ke Yogyakarta juga dilayani Bandara Adisutjipto.

Saat ini baru empat maskapai yang melayani penerbangan domestik ke Bandara Kulonprogo yakni Lion Air, Batik Air, Citilink, dan Indonesia AirAsia. Sedangkan destinasi yang dilayani meliputi Jakarta, Lombok, Palangkaraya, Makassar, hingga Samarinda

Bukan hanya rute domestik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berharap maskapai asing dapat memanfaatkan kapasitas penerbangan yang lebih besar di Bandara Kulonprogo. Terlebih, keberadaan bandara baru membuat kapasitas penumpang ke Yogyakarta meningkat drastis.

(Baca: Jokowi Harap Banyak Maskapai Asing Mendarat di Bandara Kulon Progo)

Dengan banyaknya maskapai luar negeri yang mendarat ke Bandara Internasional Yogyakarta, Jokowi berharap  jumlah turis asing ke Indonesia semakin meningkat dan menambah devisa.

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN