Kominfo Sebut Sudah Buka Blokir Internet 85% Wilayah Jayapura

Cindy Mutia Annur
13 September 2019, 16:23
papua
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Ilustrasi kerusuhan di Papua. Kominfo memblokir internet di wilayah Papua dan Papua Barat sejak Rabu, 21 Agustus 2019 guna meredam kerusuhan di wilayah tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan telah membuka akses internet  yang sebelumnya diblokir secara bertahap di wilayah Jayapura, Papua. Saat ini, hanya tersisa 15 titik di wilayah tersebut yang belum bisa mengakses internet. 

"Lebih dari 85 % titik di wilayah itu telah dibuka blokir internetnya setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi keamanan yang berangsung-angsur kondusif seperti sedia kala," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu melalui siaran pers, Jumat (13/9).

Advertisement

Ferdinandus melanjutkan, pemerintah akan terus memantau wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura agar titik-titik yang masih terblokir dapat kembali mengakses internet. 

Ia menjelaskan, dari 29 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua, sebanyak 27 kabupaten telah dicabut blokir internetnya secara bertahap sejak Rabu (4/9) lalu. Wilayah tersebut, yakni Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya dan Mimika.

(Baca: Menteri Rudiantara Tolak Ganti Rugi Blokir Internet di Papua)

Sedangkan, untuk seluruh wilayah Papua Barat yang mencakup 13 kabupaten/kota, pemblokiran internet telah dicabut secara total pada Rabu (11/9) lalu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement