Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur, Jokowi: Itu Hak Setiap Orang

Dimas Jarot Bayu
13 September 2019, 12:20
Jokowi, KPK, Saut Situmorang
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Jokowi tak ambil pusing dengan pengunduran diri Saut Situmorang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ambil pusing dengan pengunduran diri Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. Jokowi mempersilakan Saut untuk mundur dari jabatannya sebagai pimpinan komisi antirasuah.

Menurut Jokowi, pengunduran diri merupakan hak setiap orang. Dirinya tak bisa melarang siapapun yang ingin mengundurkan diri.

“Untuk mundur dan tidak mundur adalah hak pribadi seseorang,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/9).

(Baca: Saut Situmorang Mengundurkan Diri dari Jabatan Wakil Ketua KPK)

Saut mengundurkan diri dari jabatannya hari ini setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memilih Firli Bahuri sebagai ketua komisi antirasuah. Firli sebelumnya diduga melakukan pelanggaran etik berat saat menjadi Direktur Penindakan di KPK.

Saut mengatakan, pengunduran dirinya terhitung aktif mulai Senin (16/9). Ini lantaran masih ada dua kegiatan lagi yang harus dijalaninya sebagai pimpinan KPK hingga lusa, yakni Jelajah Dongeng Antikorupsi di Yogyakarta.

“Izinkan saya bersama ini menyampaikan beberap hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK,” kata Saut melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada seluruh pegawai KPK, Jumat (13/9).

Saut dalam suratnya pun menyampaikan ucapan perpisahan kepada berbagai pihak di KPK. Antara lain kepada seluruh pimpinan KPK jilid IV, yakni Agus Rahardjo, Alexander Marwata, Laode M Syarief, dan Basaria Pandjaitan.

Menyusul Saut, Dewan Penasihat KPK 2017—2020, Mohammad Tsani Annafari mengajukan surat pengunduran diri.  (Baca: Firli Bahuri Jadi Ketua KPK, Mohammad Tsani Mundur dari Penasihat)

Saut menyampaikan ucapan perpisahan kepada Sekjen KPK, Koordinator Wilayah, dan para pegawai KPK lainnya. Saut juga memohon maaf atas berbagai kesalahannya selama empat tahun menjabat.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...