Menteri Budi: Kebakaran Hutan Sumatera-Kalimantan Ganggu Penerbangan

Agatha Olivia Victoria
15 September 2019, 17:11
kebakaran hutan dan lahan, kabut asap ganggu penerbangan
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kabut asap yang mengganggu aktivitas penerbangan.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kabut asap yang mengganggu aktivitas penerbangan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan asap di Sampit, Kalimantan Tengah, saat ini lebih parah dibandingkan Riau.

Selain itu, aktivitas penerbangan di Pontianak, Kalimantan Barat, juga turut terganggu kabut asap. "Penerbangan di Sampit ada yang cancel, ada yang delay. Kalau Pekanbaru hanya pagi saja delay," kata Budi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (15/9).

Advertisement

Budi telah meminta Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav untuk berhati-hati dalam membaca situasi saat ini. Jika tak memungkinkan, penerbangan harus dihentikan.

Kementerian Perhubungan belum memberikan imbauan pelarangan terbang pada bandara yang terkena kabut asap. Di sisi lain, Budi menilai kabut asap yang terjadi di Riau kini sudah membaik. "Walau dalam artian belum membaik sekali," ujarnya.

Saat ditanya mengenai kerugian yang dialami akibat banyaknya pembatalan penerbangan, Budi belum mengetahui secara pasti. Namun ia meyakini akan terus mengevaluasi lebih lanjut.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement