Bertemu Sophia, Sri Mulyani Sebut Mungkin Bakal Ada Pajak untuk Robot

Cindy Mutia Annur
17 September 2019, 19:42
sri mulyani, menteri keuangan, pajak
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut robot mungkin dapat dikenakan pajak mengingat saat ini sudah ada negara yang memberikan kewarganegaraan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut kehadiran robot Sophia di Indonesia meski tak sempat bertemu langsung pada hari ini (17/9). Berbicara mengenai robot, ia mengatakan bahwa ke depan mungkin saja bakal ada pajak yang dikenakan pada robot.

Menurut dia, beberapa negara sudah menjadikan robot berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) seperti Sophia untuk memiliki kewarganegaraan dari Arab Saudi. Otomatis, menurutnya, dengan memiliki kewarganegaraan mereka juga wajib dikenakan pajak. 

"Mungkin ke depan bakal seperti itu (ada pajak untuk robot). Nantinya, Sophia harus memiliki paspor dan imigrasi harus mengurusnya karena ia juga sebagai warga negara," ujar Sri Mulyani dalam acara Youth Dialogue 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (17/9) yang diiringi gelak tawa peserta. 

Ia menjelaskan penggunaan teknologi yang bijak bakal berimbas pada pemanfaatan dengan hasil yang optimal, khususnya di bidang AI. Selain itu, ia mengatakan bahwa AI juga memungkinkan adanya pemantauan kerja meskipun objek tersebut ada di daerah terpencil. Pembagian tugas pemantauan itu, menurutnya, dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai jaringan yang tersebar.

(Baca: Batal Bertemu Jokowi, Robot Sophia Melucu di Depan Menteri Kominfo)

"Contohnya di bidang agrikultural, (dengan AI) membantu hasil rantai pasokan yang lebih produktif dan bernilai dibanding sebelumnya yang terbatas," jelas dia.

Adapun robot Sophia batal bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini. Namun, Sophia sempat membuat lelucon di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...