Bappenas : Pemindahan Ibu Kota Tingkatkan Lapangan Kerja di Kalimantan

Agatha Olivia Victoria
18 September 2019, 17:36
Bappenas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Bambang Brodjonegoro, Menneg PPN -Ka Bappenas memberikan paparan dalam diskusi mengenai membangun ibukota baru di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat (13/5). Bambang menyebut pemindahan ibu kota akan membuka peluang kerja di Kalimatan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menilai pemindahan ibu kota negara akan memberikan keuntungan bagi pembangunan nasional. Salah satunya adalah peningkatan kesempatan kerja di Kalimantan.

Dia bahkan menyebut pemindahan ibu kota akan meningkatkan kesempatan kerja di Kalimantan sebesar 10,5% dan secara nasional sebesar 1%. Peningkatan kesempatan kerja terbuka seiring banyaknya pembangunan proyek baru. Adapun pembangunan proyek ibu kota baru nantinya akan didominasi pihak swasta.

Advertisement

Bambang mencontohkan, proyek senilai Rp 1 triliun dalam pengembangan ibu kota baru nantinya bisa menyerap 14 ribu tenaga kerja. Sedangkan ia memproyeksi nilai investasi proyek konstruksi yang akan dikerjakan disana bisa mencapai ratusan triliun.

Dalam proyeksi Bappenas, pembangunan ibu kota baru juga akan menopang investasi riil di Kalimantan Timur sebesar 47,7%, atau di Pulau Kalimantan sebesar 34,5%. "Sedangkan secara nasional sebesar 4,7%," ucap Bambang dalam Rakornas Bidang Properti Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Hotel Intercontinental, Jakarta, Rabu (18/9).

Dengan pemindahan ibu kota, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur juga diperkirakan meningkat 7,3%. Maka dari itu, pertumbuhan ekonomi nasional akan tumbuh 0,6%.

(Baca: PKS Sebut Tak Ada Urgensi Pindah Ibu Kota)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement