Merespons The Fed, BI Pangkas Lagi Suku Bunga Acuan Jadi 5,25%

Agatha Olivia Victoria
19 September 2019, 14:22
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (7-DRRR) sebesar 25 basis poin menjadi 5,25%. Penurunan bunga tersebut merespons kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat yang memangkas bunga acuannya (Fed Fund Rate/FFR).

Ini merupakan langkah ketiga Bank Indonesia menangkas bunga acuannya. Sepanjang tahun ini, bank sentral sudah menurunkan bunga sebesar 0,75%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan suku bunga fasilitas simpanan alias deposit facility diturunkan 25 bps menjadi 4,5%. Penurunan juga dilakukan pada suku bunga pinjaman atau lending facility sebesar 5 bps menjadi 6%.

"Setelah melakukan asessmen secara keseluruhan, baik global maupun domestik, Rapat Dewan Gubernur BI 18-19 Agustus 2019 memutuskan untuk menurunkan 25 bps menjadi 5,25%," ujar Perry dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI di Jakarta, Kamis (19/9). 

(Baca: Antisipasi Resesi Ekonomi Global, The Fed Pangkas Suku Bunga 25 Bps)

Perry menjelaskan ketegangan hubungan dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang berlanjut dan meningkatnya tensi geopolitik meningkatkan ketidakpastian perekonomian global. Kondisi ini, menurut dia, turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di dalam negeri, terutama dari sisi ekspor dan investasi. 

"Bagaimanapun dinamika global harus diantisipasi karena dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan bagaimana menjaga arus modal asing," terang dia.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...