Minta Pimpinan Datang, Mahasiswa Berusaha Jebol Gerbang DPR

Image title
24 September 2019, 16:11
Mahasiswa, Jebol DPR, Rusuh, demonstrasi mahasiswa
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Aksi sempat rusuh lantaran mahasiswa memaksa masuk untuk menyuarakan aspirasi yakni menolak RKUHP, RUU KPK, hingga RUU Pertanahan.

Unjuk rasa mahasiswa dari berbagai universitas di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sempat berlangsung ricuh. Sejumlah mahasiswa berupaya menjebol pagar depan gedung dan mendorong aparat.

Aksi ini lantaran mahasiswa ingin menemui pimpinan DPR untuk menyuarakan penolakan terhadap revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU KPK, serta RUU Pertanahan. Namun aksi hanya terjadi sesaat dan pukul 15.10 WIB, mahasiswa saat ini melanjutkan orasi.

“Satu komando kawan-kawan, jangan terprovokasi,” kata Kadept Sospol BEM Universitas Negeri jakarta (UNJ) Erfan Kurniawan dari atas mobil komando di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9).

(Baca: Hari Ini, Ribuan Mahasiswa Kembali Gelar Demonstrasi di Depan DPR)

Mahasiswa juga menginginkan pimpinan DPR yang mendatangi mereka untuk berdialog. Mereka bahkan menolak tawaran Kapolres Jakarta pusat Kombes Pol Hari Kurniawan untuk membawa beberapa perwakilan mahasiswa bertemu Ketua DPR Bambang Soesatyo.

"Kami ingin bertemu dengan pimpinan DPR. Kalau bisa, pimpinan kesini bertemu dengan ketua-nya," kata orator dari aliansi mahasiswa. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...