Apresiasi Demonstrasi, Jokowi Bakal Temui Mahasiswa Jumat Besok

Dimas Jarot Bayu
26 September 2019, 17:59
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo berjanji akan menampung aspirasi para mahasiswa sebagai masukan bagi pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan segera bertemu dengan para mahasiswa. Pernyataan Jokowi ini merespon berbagai demonstrasi yang dilakukan puluhan ribu mahasiswa, baik di depan gedung DPR, Jakarta maupun berbagai kota lainnya.

Para mahasiswa dari berbagai kampus itu sebelumnya menolak revisi sejumlah aturan yang dinilai bermasalah. Beberapa di antaranya, yakni revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU KPK, RUU Pertanahan. Kemudian, RUU Ketenagakerjaan, RUU Minerba, dan RUU Pemasyarakatan.

Advertisement

Jokowi mengagendakan pertemuan tersebut pada Jumat (27/9). Rencananya, mahasiswa yang akan bertemu mantan Wali Kota Solo ini berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah kampus di Indonesia.

“Ya besok, besok kami akan bertemu dengan mahasiswa,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (26/9).

(Baca: Di Depan 41 Tokoh Senior, Jokowi: Jangan Ragu Komitmen Demokrasi Saya)

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi terhadap demonstrasi yang dilakukan puluhan ribu mahasiswa tersebut. Menurutnya, demonstrasi merupakan salah satu bentuk berdemokrasi di Indonesia.

Kepala Negara menilai aspirasi para mahasiswa akan menjadi masukan bagi dirinya. “Juga menjadi catatan besar dalam rangka memperbaiki yang kurang yang ada di negara kita,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement