Banyak Proyek Pembangunan, Waskita Sebut Rasio Utang Masih Wajar

Image title
26 September 2019, 15:52
Gedung Waskita di Jakarta, Selasa (06/01).
KATADATA/Arief Kamaludin
Gedung Waskita di Jakarta, Selasa (06/01).

Perusahaan pelat merah bidang konstruksi,  PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menyatakan rasio pinjaman terhadap modal atau gearing ratio perseroan sampai saat ini masih dalam kondisi wajar, kendati tengah membangun beberapa proyek.

Adapun beberapa proyek yang sedang dikerjakan perusahaan di antaranya adalah proyek tol Jakarta-Cikampek II elevated serta tol Trans Sumatera.

Hingga semester I 2019, Waskita tercatatmemiliki utang sekitar Rp 103,71 triliun, dengan gearing ratio 2,68 kali atau berada di bawah ambang  batas (covenant) perbankan sebesar 5 kali. 

(Baca: Waskita Karya Akan Kantongi Dana Pembayaran Proyek Rp 13 Triliun)

Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan mengakui utang perusahaan dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Namun, hal itu juga diikuti dengan kenaikan aset.

Haris juga menyatakan, utang tersebut digunakan untuk membangun beberapa proyek, termasuk proyek diversifikasi milik anak usaha. "Kalau ingin berkembang kami harus berani, ini untuk meningkatkan pendapatan. Tentu semuanya tidak menggunakan modal sendiri," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (26/9).

Haris juga mengungkapkan keuangan perseroan akan memperoleh sejumlah penghasilan dari proyek yang dikerjakan menggunakan skema turnkey

Turnkey merupakan metode pembayaran yang dilakukan oleh pemilik proyek kepada kontraktor pada saat seluruh pekerjaannya rampung atau ketika proyek dilakukan serah terima. Skema ini lazim digunakan pada bisnis properti.

Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun piutang dari proyek turnkey akan cair sebesar Rp 24,5 triliun. Piutang tersebut antara lain berasal dari proyek jalan tol, seperti tol Jakarta-Cikampek eleveted sebesar Rp 4,5 triliun dengan target pembayaran pada Oktober hingga Desember.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...