Bekraf Optimistis Lebih dari 14 Film Indonesia Capai 1 Juta Penonton

Cindy Mutia Annur
26 September 2019, 21:34
Bekraf, Film
Instagram/Gundalaofficial
Ilustrasi, karakter dalam film Gundala. Film Gundala berhasil meraih 1 juta penonton. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun mencatat hingga kini sudah ada 11 film Indonesia yang capai 1 juta penonton.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) optimistis bakal ada lebih dari 14 film lokal yang mencapai 1 juta penonton di akhir tahun ini. Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo mengatakan minat masyarakat Indonesia terhadap film lokal semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Bekraf mencatat jumlah penonton film lokal pada 2015 bisa mencapai 15 juta. Kemudian, pada 2018 meningkat menjadi 60 juta penonton. 

Advertisement

Selain itu, Pusat Pengembangan (Pusbang) Indonesia menyebut jumlah penonton film di bioskop terus meningkat. Jumlahnya mencapai 100,6 juta, 108,2 juta, dan 129,5 juta sepanjang 2016-2018. Bahkan, jumlah film yang mencapai penonton di atas 1 juta pun terus naik.

Fadjar mengatakan, tahun lalu ada 14 film yang capai jumlah penonton itu. Sedangkan, di tahun ini sudah ada 11 film yang mencapainya. "Masih ada empat bulan, kami yakin bakal capai lebih dari itu hingga akhir tahun ini. Dalam waktu dekat akan bertambah," ujar Fadjar saat ditemui di Jakarta, Kamis (26/9). 

(Baca: Rumah Produksi Gundala, Bumilangit Siapkan 8 Film Jagoan Lokal)

Ia menjelaskan, Bekraf telah berupaya untuk mendorong pertumbuhan film lokal melalui berbagai cara. Seperti mencabut Daftar Negatif Investasi (DNI) pada 2016 agar investasi film di Indonesia terbuka untuk asing dan lokal.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement