Kominfo : 7,8 Juta Data Penumpang Malindo Air Bocor, 2% dari Indonesia

Cindy Mutia Annur
26 September 2019, 21:10
Sejumlah calon penumpang antre naik ke pesawat maskapai Lion Air di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (5/7/2019). Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro me
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Ilustrasi. Dari hasil investasi awal yang dilakukan pihak independen, 66% data penumpang Malindo Air yang bocor berasal dari kewarganegaraan Malaysia, 4 % dari India, dan 2 % dari Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut terdapat 7,8 juta data Malindo Air yang bocor.  Dari jumlah tersebut, 2% di antaranya merupakan data penumpang Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan pihanya telah menemui Jabatan Perlindungan Data Pribadi (JPDP) Malaysia dan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia (KMMM) guna membahas kebocoran data tersebut. Dari pertemuan tersebut, menurut dia. JPDP menyebut kebocoran data mencakup penumpang dari 18 negara, terutama negara-negara ASEAN, seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. 

Advertisement

"JPDP Malaysia telah meminta Malindo Air untuk melakukan koordinasi dengan otoritas perlindungan data pribadi di 18  negara sesuai hasil investigasi awal yang menemukan kebocoran data pribadi yang berasal dari 18 (delapan belas) kewarganegaraan," ujar Ferdinandus dalam siaran pers, Kamis (26/9).

(Baca: Kominfo Ungkap Sumber Kebocoran Data Penumpang Lion Air Pekan Depan)

Kominfo, menurut dia, juga telah meminta keterangan kepada Malindo Air. Dari hasil investasi awal yang dilakukan pihak independen,  66% data penumpang yang bocor berasal dari kewarganegaraan Malaysia, 4 % dari India, dan 2 % dari Indonesia.  

"Pemerintah Indonesia menunggu hasil investigasi pada tahap lanjutan yang dilakukan oleh pihak JPDP Malaysia serta akan terus berkoordinasi dengan pihak Malindo Air," ungkap dia. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement