Perkuat Bisnis Konten, Gojek Akan Rilis 3 Video Serial Lokal di GoPlay

Cindy Mutia Annur
26 September 2019, 15:26
Peluncuran GoPlay. Gojek bakal merilis tiga serial lokal lewat GoPlay.
Cindy Mutia Annur | KATADATA
Peluncuran GoPlay. Gojek bakal merilis tiga serial lokal lewat GoPlay.

Gojek resmi meluncurkan layanan baru di bidang konten digital, GoPlay pada hari ini (26/9). Platform video streaming ini sudah digarap Gojek sejak tahun lalu. Untuk memperkuat GoPlay, decacorn Tanah Air ini pun berencana meluncurkan tiga serial lokal eksklusif.

Untuk itu, perusahaan penyedia layanan on-demand ini bakal bekerja sama dengan beberapa produser dan sineas lokal. “Kami harapkan kerja sama dengan rumah produksi yang (memang) lebih ahli,” kata Co-Founder Gojek Kevin Aluwi di Jakarta, Kamis (26/9).

CEO GoPlay Edy Sulistyo menambahkan, perusahaannya bekerja sama dengan sineas lokal untuk mendorong industri film nasional. “Dalam beberapa bulan ke depan, kami siapkan konten serial unggulan,” kata dia.

Ketiga serial tersebut adalah 'Saiyo Sakato' dengan Salman Aristo dan Gina S. Noer sebagai produser (showrunners), 'Tunnel' garapan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, dan 'Gossip Girl Indonesia' besutan sutradara Nia Dinata. Seluruh konten hasil kreasi GoPlay Originals akan tersedia secara eksklusif di GoPlay.

(Baca: Ekspansi ke Bisnis Video Streaming, Gojek Luncurkan Go-Play)

Sebenarnya, Gojek meluncurkan GoPlay secara terbatas kepada 20 ribu konsumen pada Juni lalu. Kini, layanan video streaming itu tersedia bagi seluruh pengguna Gojek. Meski enggan berkomentar banyak perihal transaksi selama masa uji coba, Gojek menilai pasar bisnis ini cukup besar.

Berdasarkan data Pusat Pengembangan (Pusbang) Indonesia, jumlah penonton film di bioskop terus meningkat. Jumlahnya mencapai 100,6 juta, 108,2 juta, dan 129,5 juta sepanjang 2016-2018.

Namun, peningkatan itu justru berbanding terbalik dengan rasio penonton film lokal terhadap total yang menurun. Rasionya sempat naik dari 36% di 2016 menjadi 37% pada 2017. Tetapi rasionya kembali menjadi 36% pada tahun lalu. Itu artinya, penonton Tanah Air lebih banyak membeli tiket film asing di bioskop.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...