IHSG Hari Ini Diramal Masih Naik, Saham Konstruksi Masuk Rekomendasi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

27/9/2019, 06.37 WIB

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat 1,37% ke level 6.230.

IHSG Hari Ini, Rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/4/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sehari menjelang Pemilu 2019 ditutup menguat 0,72 persen atau 46,39 poin pada level 6.481.

Para analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Jumat, 27 September 2019, masih akan melanjutkan kenaikan. Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat 1,37% ke level 6.230,33.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, secara teknikal, terlihat pola yang mengindikasikan potensi penguatan lanjutan pada IHSG hari ini. "Sehingga berpeluang menuju ke area resistance," kata Nafan.

Ia memperkirakan, area resistance pertama dan kedua berada pada rentang 6.276,63 hingga 6.334,84. Sedangkan area support pertama maupun kedua IHSG hari ini berada pada rentang level 6.189,56 hingga 6.146,40. 

Rekomendasi saham dari Nafan, antara lain Bank Tabungan Negara (BBTN), Elnusa (ELSA), H.M. Sampoerna (HMSP), Lippo Karawaci (LPKR), PP Properti (PPRO), dan PT PP (PTPP).

(Baca: Asing Jualan Saham Rp 2,3 Triliun Sepekan, Korbannya Sektor Perbankan)

Senada, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga melihat IHSG hari ini berpeluang menguat. "Level support dan resistance IHSG hari ini berada pada kisaran 6.200-6.320," ujarnya.

Beberapa saham yang cukup menarik untuk diperhatikan secara teknikal di antaranya Waskita Beton Precast (WSBP), Wijaya Karya Beton (WTON), Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), Malindo Feedmill (MAIN), Barito Pacific (BRPT), Gudang Garam (GGRM), H.M. Sampoerna (HMSP), Mayora Indah (MYOR), dan Indosat (ISAT).

Lebih lanjut saham yang direkomendasikannya yaitu Astra International (ASII), Adaro Energy (ADRO), Medco Energi Internasional (MEDC), Waskita Karya (WSKT), PT PP (PTPP), Adhi Karya (ADHI), dan Surya Citra Media (SCMA).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga memprediksi IHSG hari ini kembali menguat. "Faktor global yang saat ini cukup kondusif, diperkirakan akan mampu mendorong penguatan," kata Dennies dalam risetnya.

Ia memprediksi level resistance pertama dan kedua berada pada rentang 6.273 hingga 6.251. Level support pertama dan kedua IHSG hari ini berada pada rentang level 6.187 hingga 6.145.

Rekomendasi saham dari Dennies di antaranya Summarecon Agung (SMRA), Barito Pacific (BRPT), dan Adhi Karya (ADHI).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan