Asing Jualan Saham Rp 2,3 Triliun Sepekan, Korbannya Sektor Perbankan

Image title
26 September 2019, 19:42
jual bersih investor asing, saham. perbankan, net sell asing
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Ilustrasi papan pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia. Saham tiga bank besar, yakni BRI, BCA, dan BNI, jadi sasaran jual investor asing dengan catatan net sell sebesar Rp 1,17 triliun.

Investor asing dalam sepekan terkahir, tercatat melakukan jual bersih saham (net sell) di bursa dalam negeri. Sejak perdagangan pada Jumat (20/9) pekan lalu hingga hari ini, Kamis (26/9), tercatat nilai net sell oleh investor asing sudah mencapai Rp 2,3 triliun di seluruh pasar.

Berdasarkan data dari RTI Infokom, investor asing dalam sepekan ini melakukan jual senilai Rp 2,32 triliun di pasar reguler. Sementara, di pasar negosiasi dan tunai, investor asing melakukan sebaliknya meski dengan nilai beli bersih (net buy) hanya Rp 26,13 miliar.

Tercatat, saham perbankan menjadi yang dilepas asing paling besar sepanjang sepekan ini. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi perusahaan yang dilepas asing paling besar di seluruh pasar, dengan nilai net sell Rp 721,84 miliar. Sejalan dengan aksi jual investor asing, saham BRI turun 0,24% dalam sepekan menjadi Rp 4.210 per saham.

(Baca: Dana Asing Masuk ke Surat Utang Negara Rp 16,7 Triliun pada September)

Saham selanjutnya yang dilepas oleh asing yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) dengan nilai jual bersih Rp 307,62 miliar di seluruh pasar. Saham perusahaan semen Tiga Roda ini menjadi amblas 9,45% dalam sepekan menjadi Rp 18.925 per saham.

Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi perusahaan berikutnya yang sahamnya dilepas asing dengan nilai jual bersih Rp 271,32 miliar di seluruh pasar. Meski begitu, saham bank swasta terbesar di Indonesia ini naik 0,5% selama sepekan ini menjadi Rp 30.300 per saham.

Berikutnya, saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) juga menjadi sasaran pelepasan oleh investor asing. Investor asing tercatat melakukan net sell sebesar Rp 174,97 miliar di seluruh pasar sepekan ini. Saham bank pelat merah ini pada periode tersebut pun turun 2,89% ke level Rp 7.550 per saham.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...