Jokowi Batal Bertemu Mahasiswa Hari Ini, Istana Siap Agendakan Lagi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud

27/9/2019, 17.10 WIB

Menteri Sekretaris Negara Pratikno membantah jika batalnya pertemuan karena ada penolakan dari mahasiswa.

Jokowi, Mahasiswa, BEM.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo batal bertemu mahasiwa hari Jumat (27/9).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi batal bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia pada Jumat (27/9). Padahal, kemarin Jokowi menyatakan akan bertemu dengan mahasiswa hari ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, belum ada jadwal Jokowi bertemu mahasiswa. Dia membantah batalnya pertemuan karena adan penolakan dari mahasiswa. “Ada beberapa pertemuan sore ini, tapi dengan BEM belum,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9).

(Baca: Apresiasi Demonstrasi, Jokowi Bakal Temui Mahasiswa Jumat Besok)

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini juga mengatakan pertemuan Kepala Negara dengan mahasiswa bisa diagendakan lain waktu. Hanya saja belum jelas waktu dialognya. Baginya, sebuah rencana bisa saja tertunda.

Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) sebelumnya menyatakan belum menerima undangan dari Jokowi. BEM juga mengajukan dua syarat yakni pertemuan dilakukan terbuka serta Jokowi mengakomodasi tuntutan mahasiswa secara tegas, yakni “Maklumat Tuntaskan Reformasi”.

(Baca: Mahasiswa Tampik Pertemuan dengan Jokowi di Istana jika Tertutup)

“Harus menjamin bahwa akan ada kebijakan yang konkret demi terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik,” kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Nurdiyansyah.

Nurdiyansyah menjelaskan, sikap BEM SI ini belajar dari pertemuan tertutup dengan Jokowi yang pernah dilakukan di Istana Negara pada 2015. Pertemuan ini ternyata menghasilkan perpecahan gerakan mahasiswa.

“Kami tidak ingin menjadi alat permainan penguasa yang sedang krisis legitimasi publik, sehingga melupakan substansi beberapa tuntutan aksi yang diajukan,” ujarnya

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan