Jokowi Batal Bertemu Mahasiswa Hari Ini, Istana Siap Agendakan Lagi

Dimas Jarot Bayu
27 September 2019, 17:10
Jokowi, Mahasiswa, BEM.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo batal bertemu mahasiwa hari Jumat (27/9).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi batal bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia pada Jumat (27/9). Padahal, kemarin Jokowi menyatakan akan bertemu dengan mahasiswa hari ini.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, belum ada jadwal Jokowi bertemu mahasiswa. Dia membantah batalnya pertemuan karena adan penolakan dari mahasiswa. “Ada beberapa pertemuan sore ini, tapi dengan BEM belum,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9).

(Baca: Apresiasi Demonstrasi, Jokowi Bakal Temui Mahasiswa Jumat Besok)

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada ini juga mengatakan pertemuan Kepala Negara dengan mahasiswa bisa diagendakan lain waktu. Hanya saja belum jelas waktu dialognya. Baginya, sebuah rencana bisa saja tertunda.

Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) sebelumnya menyatakan belum menerima undangan dari Jokowi. BEM juga mengajukan dua syarat yakni pertemuan dilakukan terbuka serta Jokowi mengakomodasi tuntutan mahasiswa secara tegas, yakni “Maklumat Tuntaskan Reformasi”.

(Baca: Mahasiswa Tampik Pertemuan dengan Jokowi di Istana jika Tertutup)

“Harus menjamin bahwa akan ada kebijakan yang konkret demi terwujudnya tatanan masyarakat yang lebih baik,” kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Muhammad Nurdiyansyah.

Nurdiyansyah menjelaskan, sikap BEM SI ini belajar dari pertemuan tertutup dengan Jokowi yang pernah dilakukan di Istana Negara pada 2015. Pertemuan ini ternyata menghasilkan perpecahan gerakan mahasiswa.

“Kami tidak ingin menjadi alat permainan penguasa yang sedang krisis legitimasi publik, sehingga melupakan substansi beberapa tuntutan aksi yang diajukan,” ujarnya

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...