Makin Lesu, Kredit Perbankan Hanya Tumbuh 8,6% pada Agustus

Agatha Olivia Victoria
30 September 2019, 16:26
pertumbuhan kredit
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Pertumbuhan kredit pada Agustus 2019 melambat dari 9,7% pada Juli menjadi 8,6% pada bulan Agustus.

Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit perbankan pada Agustus 2019 sebesar Rp 5.880,7 triliun, tumbuh 8,6% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan kredit tersebut melambat dibandingkan Juli 2019 yang masih mencapai 9,7% secara tahunan.

"Perlambatan penyaluran kredit terjadi baik pada golongan debitur korporasi maupun perseorangan," tulis BI dalam keterangan resminya, Senin (30/9).

Secara rinci, kredit kepada korporasi tumbuh sebesar 9,4% secara tahunan. Nilai tersebut melambat dari bulan sebelumnya yakni 11,4%. Sementara, kredit kepada debitur perorangan juga hanya tumbuh 8,8% secara tahunan atau melambat dibadningkan bulan sbeelumnya di 9,2%.

BI menyebutkan, perlambatan pertumbuhan kredit terjadi pada seluruh jenis kredit. Kredit Modal Kerja (KMK) hanya tumbuh 7,5% secara tahunan, melambat dari bulan sebelumnya sebesar 9%. Perlambatan terutama pada sektor perdagangan, hotel, restoran (PHR) dan sektor industri pengolahan.

(Baca: BI Rajin Pangkas Bunga Acuan, Peta Deposito Lima Bank Terbesar Berubah)

KMK pada sektor PHR tercatat hanya tumbuh 6% secara tahunan atau melambat dibanding bulan sebelumnya sebesar 7,4%. Perlambatan terutama pada kredit yang disalurkan untuk subsektor perdagangan ekspor minyak kelapa sawit mentah di Sumatera Utara.

Kemudian, KMK kepada sektor industri pengolahan melambat menjadi 11,2% secara tahunan dari 12,6% di bulan sebelumnya. Perlambatan khususnya pada subsektor industri minyak goreng dan kelaps sawit mentah di wilayah Sumatera Selatan dan Banten.

Selanjutnya, perlambatan pada Kredit Investasi (KI) berasal dari sektor PHR, serta sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan. Kredit investasi pada bulan Agustus 2019 tercatat hanya 12,7% secara tahunan atau melambat dari 13,8% di bulan Juli 2019.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...