Dipicu Sentimen Perang Dagang, Harga Emas Kembali Anjlok

Image title
Oleh Ekarina
1 Oktober 2019, 11:50
harga emas
KATADATA/Agung Samosir
harga emas

Harga emas dunia kembali anjlok pada perdagangan pasar spot Selasa (1/10). Penurunan harga emas dipicu kekhawatiran perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang memicu penguatan dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas di pasar spot tercatat US$ 1.464 per ounce, anjlok 0,53% dibandingkan perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas di bursa Comex turun 0,24% ke posisi US$ 1.463 per ounce, setelah sempat dibuka menguat di level US$ 1.478 per ounce.

Advertisement

Turunnya harga emas hari ini semakin mendekati posisi terendahnya sejak 6 Agustus lalu yang berada di kisaran US$ 1.463 per ounce.

(Baca: Investor Khawatir Ancaman Resesi Global, Harga Emas Terus Naik)

Pergerakan harga emas terus tertahan sejalan dengan penguatan dolar. Saat berita ini ditulis, indeks dolar AS atau DXY Index tercatat kembali mendekati 100. Ini menunjukkan penguatan dolar AS terhadap mata uang utama dunia.

Mata uang Negeri Paman Sam terus menguat dipicu kekhawatiran eskalasi perang dagang AS-Tiongkok mereda.

Pasar menerima jaminan sementara dari Gedung Putih yang menyatakan AS sedang mempertimbangkan penghapusan perusahaan-perusahaan Tiongkok dari bursa saham AS. Namun, hal itu segera disanggah juru bicara Gedung Putih mengatakan tidak sedang mempertimbangkan langkah tersebut 'saat ini'.

(Baca: Harga Emas Dunia Kembali Bergerak Naik, Logam Mulia Antam Justru Turun)

"Emas telah kehabisan tenaga, dan sedang mencari sentimen tambahan untuk mendorongnya lebih tinggi. Dolar telah menunjukkan beberapa cengkeraman dan kenaikan kuat dalam obligasi pada awal kuartal ini telah memudar dan pasar terus berperilaku baik," kata Analis Bank Saxo Ole Hansen dilansir Reuters.

 Sejalan dengan pelemahan harga emas dunia, harga Emas Antam turun drastis. Mengacu pada logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung tercatat Rp 751 ribu per gram, tergelincir Rp 10 ribu dibanding perdagangan kemarin Rp 761 ribu per gram.

Begitu juga harga emas penjualan kembali turun lebih dalam sekitar Rp 11 ribu ke level Rp 672 ribu per gram.

Harga Emas Antam, Senin 1 Oktober 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 400.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement