Perempuan Pertama Jabat Ketua DPR, Puan Maharani Dilantik Malam Ini

Penulis: Rizky Alika

Editor: Agustiyanti

1/10/2019, 17.43 WIB

Puan Maharani akan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI.

puan maharani, ketua dpr
Arief Kamaludin | Katadata
Puan Maharani akan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI.

Puan Maharani akan dilantik menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) malam ini, Senin (1/10). Dengan demikian, Puan akan resmi menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Pelantikan akan dilakukan pada pukul 19,00 WIB, diikuti dengan pengambilan sumpah janji dan pidato pertama Ketua DPR periode 2019-2024.

"Nanti ada rapat paripurna pengambilan sumpah janji Ketua DPR yang definitif. Puan Maharani ketuanya," kata Ketua DPR Sementara Abdul Wahab Dalimunthe di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10).

Menurutnya, masing-masing fraksi telah mengirimkan nama kader untuk mendapatkan kursi pimpinan DPR. Namun, Partai Kebangkitan Bngasa (PKB) belum mengirimkan nama karena masih meminta waktu hingga satu jam setelah rapat konsultasi selesai.

(Baca: Puan Maharani Akan Jadi Ketua DPR, Pimpinan MPR Dikabarkan Masih Alot)

Dalam rapat konsultasi tersebut, Abdul juga mempertanyakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang semestinya hadir mewakili PKB. Partai tersebut hanya diwakili oleh salah seorang anggotanya.

Sementara, nama wakil ketua DPR yang dikirimkan oleh sejumlah fraksi seperti Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Azis Syamsudin dari Golkar, dan Rachmat Gobel dari NasDem. Para pemimpin DPR akan dilantik oleh Mahkamah Agung.

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 telah mengusulkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI 2019-2024. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Puan sendiri setelah dirinya dilantik sebagai anggota DPR periode yang sama.

(Baca: Gerindra Sebut Incar Posisi Ketua MPR demi Seimbangkan Pemerintah)

"Memang betul PDI Perjuangan sudah mengusulkan nama Puan Maharani sebagai Ketua DPR," ujar Puan.

Cucu Bung Karno ini menyebutkan, setelah dilantik sebagai Ketua DPR 2019-2024, dia akan menjadi perempuan pertama yang menduduki kursi DPR-1. Sebagai Ketua DPR perempuan pertama, Puan berharap hal ini bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia.

Menurutnya, politik bukan menjadi hal yang tabu bagi perempuan. "Politik itu bisa juga menghasilkan perempuan-perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia,” ujarnya.

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan