Delapan Partai Telah Tentukan Pimpinan Fraksi, PDIP Menyusul

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ekarina

2/10/2019, 06.38 WIB

Susunan fraksi PDIP baru akan disampaikan pada Rabu.

Suasana pelantikan pimpinan DPR RI di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (1/10). Politisi PDI-P Puan Maharani (kiri) ditetapkan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 melalui Rapat Paripurna dan diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad dari Fra
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana pelantikan pimpinan DPR RI di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (1/10). Politisi PDI-P Puan Maharani (kiri) ditetapkan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 melalui Rapat Paripurna dan diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra (tiga kiri), Rahmat Gobel dari Fraksi Nasdem (dua kanan), Aziz Syamsuddin (dua kiri) dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB (kanan).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menentukan pimpinan fraksi partai politik pada Selasa (1/10) malam. Penentuan ini didasarkan pada sidang paripurna pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Ketua sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan, fraksi Golkar diketuai oleh Azis Syamsuddin. Sekretaris fraksi Golkar diisi oleh Adies Kadir. Adapun, Muhidin menempati jabatan Bendahara fraksi Golkar.

Sementara itu, fraksi Gerindra dipimpin oleh Edhy Prabowo. Desmon J Mahesa menjabat sebagai Sekretaris fraksi Gerindra. Sementara, posisi Bendahara diisi oleh Novita Wijayanti.

Fraksi Nasdem diketuai oleh Ahmad HM Ali. Sekretaris fraksi Nasdem diisi oleh Saan Mustopa. Ahmad Sahroni menempati jabatan Bendahara fraksi Nasdem.

(Baca: 575 Politisi dari 9 Partai Resmi Dilantik Jadi Anggota DPR 2019-2024)

Fraksi PKB dipimpin oleh Cucun A Syamsurizal. Fathan Subhi menjabat sebagai Sekretaris fraksi PKB. Posisi Bendahara fraksi PKB diisi oleh Bertu Merlas.

Fraksi Demokrat diketuai oleh Edhie Baskoro Yudhoyono. "Sekretaris dan susunan lengkap (fraksi Demokrat) menyusul," kata Abdul.

Fraksi PKS dipimpin oleh Jazuli Juwaini. Sekretaris fraksi PKS diisi oleh Ledia Hanifa. Adapun, Habib Aboe Bakar menjabat sebagai Bendahara fraksi PKS.

Fraksi PAN diketuai oleh Mulfachri Harahap. Yandri Susanto menjabat sebagai Sekretaris fraksi PAN. Posisi Bendahara fraksi PAN diisi oleh Eko Hendro Purnomo.

Fraksi PPP dipimpin oleh Arsul Sani. Sekretaris fraksi PPP diisi oleh Amir Uskara. Adapun, Bendahara fraksi PPP ditempati oleh Wartiah.

(Baca: PKB Ajukan Muhaimin Iskandar, Formasi Pimpinan DPR 2019-2024 Lengkap)

Selain kedelapan tadi, hanya PDIP yang belum memberikan susunan fraksi di DPR. Abdul mengatakan, susunan fraksi PDIP baru akan disampaikan pada Rabu (2/10).

Sebanyak 575 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 resmi dilantik di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Proses pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

Kemudian, mereka melakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan secara simbolik oleh 18 orang anggota DPR.

Dalam acara ini turut hadir Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin. Hadir pula Ketua KPU Arief Budiman, sejumlah menteri Kabinet Kerja, dan pimpinan partai politik.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan