Mayoritas Fraksi DPR Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

Penulis: Yuliawati

3/10/2019, 18.04 WIB

Delapan fraksi solid mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI.

Bambang Soesatyo, ketua MPR
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ketua DPR Bambang Soesatyo (tengah) menyampaikan pidato dalam Sidang Paripurna terakhir DPR periode 2014-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Langkah politikus Partai Golongan Karya (Golkar) Bambang Soesatyo memimpin Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) semakin menguat. Delapan Fraksi mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024.

"Delapan fraksi solid mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI, tinggal melakukan musyawarah agar dukungan menjadi lengkap," kata Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI Johnny Plate di sela-sela Rapat Pleno Pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

(Baca: PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR dengan Syarat Setuju Amendemen UUD)

Johnny menjelaskan seluruh fraksi koalisi pendukung Jokowi ditambah Partai Demokrat, Fraksi PKS, dan Fraksi PAN solid mendukung Bamsoet. Perwakilan DPD RI pun mendukung Bamsoet namun harus berkonsultasi dahulu kepada DPD RI.

"Hanya Gerindra yang saat ini berbicara dengan Bambang Soesatyo untuk diselesaikan. Kami meyakini pilihan mekanisme pengambilan keputusannya nanti itu sesuai dengan Pasal 19 ayat 6, yaitu musyawarah untuk mufakat," katanya.

Johnny mengatakan Fraksi NasDem menginginkan musyawarah bisa ditampilkan oleh MPR dan itu harusnya sejalan dengan UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang melebarkan unsur pimpinannya dari lima menjadi 10.

(Baca: Gerindra Minta PDIP Ikhlas Berikan Kursi Ketua MPR kepada Muzani)

Dia menilai kalau mekanisme pemungutan suara atau "voting" dilakukan, maka itu bentuk pengingkaran yang menjadi landasan dasar pelebaran unsur Pimpinan MPR RI. Johnny meyakini pelantikan Ketua MPR dapat digelar malam ini.

Hingga kini, Fraksi Gerindra masih tetap mengusulkan Ahmad Muzani sebagai calon Ketua MPR RI. "Prosesnya tinggal berunding antara Bamsoet dengan Muzani," kata dia.

Ketua Fraksi PKB MPR RI Jazilul Fawaid juga menegaskan bahwa mayoritas fraksi mendukung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024.

"Intinya mayoritas fraksi mengusulkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR," kata Jazilul.

Dia mengatakan, PKB sejak awal mengusung prinsip kebersamaan sehingga calon Ketua MPR yang diusungnya sebagai bentuk kebersamaan adalah Bambang Soesatyo. Namun dia menjelaskan masih ada fraksi yang memiliki pendapat berbeda dan mencalonkan nama lain sebagai Ketua MPR.

"Ini sedang berlangsung, kalau saya nanti sampaikan nanti mendahului forum, kalau saya jelaskan nanti tidak enak sama yang sedang musyawarah," ujarnya.

Jazilul membenarkan kalau Fraksi Partai Gerindra memiliki sikap berbeda dengan mayoritas fraksi, namun perbedaan pendapat itu merupakan hal yang wajar.

"(Fraksi Gerindra) bukan ngotot ya, artinya masih berpeluang secara tatib dan konstitusi untuk dilakukan pemungutan suara," ujarnya.

Pimpinan MPR RI dari sembilan fraksi dan satu kelompok DPD RI menggelar Rapat Pleno untuk bermusyawarah mencapai mufakat menentukan Ketua MPR RI 2019-2024. Rapat tersebut dihadiri seluruh Pimpinan MPR RI yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto dan Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan