Pimpinan MPR Bertambah Jadi 10 Orang, Sri Mulyani Sesuaikan Anggaran

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Ratna Iskana

4/10/2019, 13.18 WIB

Dalam APBN 2020, pemerintah telah menganggarkan Rp 46 miliar hanya untuk lima pimpinan MPR. Total pagu anggaran untuk MPR sebesar Rp 603 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani bakal menyesuaikan anggaran untuk MPR dalam APBN 2020 karena adanya penambahan pimpinan MPR dari lima orang menjadi 10 orang untuk periode 2019-2024.

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024 bertambah dari lima orang menjadi 10 orang. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pihaknya akan menyesuaikan alokasi anggaran untuk MPR.

Kebutuhan anggaran untuk MPR pun bisa bertambah. "Kalau sudah diputuskan mereka akan buat formasi seperti itu ya akan kami lihat dan sesuaikan atau kami tambahkan," kata Sri Mulyani saat ditemui di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/10).

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan MPR telah menginformasikan kebutuhan anggaran untuk tahun depan. Sedangkan dalam APBN 2020, MPR mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 603 miliar.

Dari pagu anggaran tersebut, sebesar Rp 46 miliar dialokasikan untuk lima pimpinan MPR. "Jadi kami akan lihat alokasi yang ada," ucap dia.

Ia pun menegaskan pihaknya akan mengikuti keputusan lembaga negara tersebut jika memang penambahan pimpinan MPR dinilai baik. Apalagi jika keputusan tersebut berorientasi untuk kepentingan rakyat.

(Baca: Fadel Muhammad, Pimpinan MPR dari Unsur DPD yang Pernah Pailit)

Sebelumnya, pemilihan Ketua MPR berlangsung alot. Namun dari awal, berbagai suara partai politik mengacu pada Mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu pun resmi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MPR periode 2019-2024. Selain Bamsoet, terdapat pula sembilan pimpinan lainnya sehingga pimpinan MPR menjadi 10 orang.

Penambahan pimpinan MPR tersebut telah disepakati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui revisi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3. Sebanyak 10 kursi itu terdiri dari sembilan kursi untuk perwakilan masing-masing fraksi partai politik di parlemen dan satu untuk perwakilan DPD RI.

Adapun rincian pimpinan MPR 2019-2024, yakni Bambang Soesatyo dari Golkar, Ahmad Basarah dari PDIP, Jazilul Fawaid dari PKB,  Arsul Sani dari PPP, Syarief Hasan dari Demokrat, Lestari Moerdijat dari NasDem, Ahmad Muzani dari Gerindra, Zulkifli Hasan dari PAN, Hidayat Nur Wahid dari PKS, dan Fadel Muhammad dari DPD.

(Baca: Gerindra Melunak, Bamsoet Terpilih Jadi Ketua MPR Secara Aklamasi)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan