DPR Sebut Pemberantasan Korupsi Mudah Jika Koruptor Dimiskinkan

Rizky Alika
5 Oktober 2019, 13:02
korupsi, DPR
ANTARA FOTO/MOCH ASIM
Mahasiswa membubuhkan tanda tangan dan cap telapak tangan pada spanduk hitam saat menggelar aksi #SaveKPK di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/9/2019). Anggota DPR Fraksi Gerindra Supratman Andi Atgas mengatakan korupsi bisa mudah diberantas jika koruptor dimiskinkan.

Anggota DPR Fraksi Gerindra Supratman Andi Atgas mengatakan pemberantasan korupsi bakal lebih mudah jika koruptor dimiskinkan. Namun upaya tersebut perlu komitmen dari presiden hingga kepolisian dan kejaksaan.

"Presiden komitmen, perintahkan polisi dan jaksa agung untuk melakukan tindakan pemiskinan," kata Supratman dalam diskusi SmartFM di Jakarta, Sabtu (5/10).

Menurutnya, pemiskinan koruptor bisa menjadi peringatan bagi pejabat negara agar tidak melakukan korupsi. Apalagi solusi utama dari pemberantasan korupsi ialah pengembalian keuangan negara, bukan penjatuhan hukuman seperti hukuman penjara.

(Baca: Sri Mulyani Sebut Para Bos BUMN yang Ditangkap KPK Sebagai Pengkhianat)

Selain itu, ia menilai pencegahan korupsi dapat dilakukan dengan adanya Undang-Undang yang membatasi transaksi tunai. Pembatasan transaksi dapat dilakukan dengan nominal maksimal Rp 5 juta atau 10 juta per hari.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...