AS-Tiongkok Mendingin, Trump: Pembicaraan Dagang Berjalan Sangat Baik

Martha Ruth Thertina
11 Oktober 2019, 08:28
Perang Dagang, Perang dagang China Amerika
123RF.com/Bravissimos
Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok membuat prospek pertumbuhan ekonomi global terancam.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan pernyataan yang positif terkait negosiasi dagang tingkat tinggi antara AS dengan Tiongkok di Washington. Pernyataan ini memberikan angin segar kepada pelaku pasar, setelah sebelumnya media Tiongkok memberitakan negosiasi berjalan alot dan delegasi asal Negeri Tirai Bambu berpotensi pulang lebih cepat dari rencana.

“Saya pikir ini berjalan dengan sangat baik,” kata Trump di Washington, seperti dikutip CNBC, Kamis (10/10), waktu setempat. “Jadi, kami menjalankan negosiasi yang sangat sangat baik dengan Tiongkok. Mereka akan berbicara sebentar lagi, tapi pada dasarnya, mereka telah menuntaskannya, dan kami akan bertemu mereka di sini, esok.”

AS dan Tiongkok menggelar pembicaraan tingkat tinggi pekan ini. Kedua negara berharap bisa mengakhiri konflik yang ditandai dengan perang tarif produk impor bernilai ratusan miliar dolar. Pembicaraan tingkat tinggi berlangsung menjelang pengenaan tarif yang lebih tinggi untuk US$ 250 miliar produk impor Tiongkok.

(Baca: Negosiasi Dagang, Trump Bakal Temui Utusan Tiongkok Besok)

Sekretaris Bendahara AS Steven Munchin dan Perwakilan Departemen Perdagangan AS Robert Lighthizer memimpin tim Amerika dalam negosiasi pada Kamis, kemarin. Sedangkan tim negosiasi Tiongkok dipimpin Wakil Perdana Menteri Liu He.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...