Negosiasi Dagang, Trump Bakal Temui Utusan Tiongkok Besok

Agustiyanti
10 Oktober 2019, 23:35
donald trump
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque
Presiden AS Donald Trump akan menemui Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liue He guna melakukan negosiasi dagang.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan akan menemui Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He guna melakukan negosiasi untuk dapat keluar dari perang dagang berlarut-larut yang tengah berlangsung antara kedua negara.

"Hari besar untuk negosiasi dengan Tiongkok. Mereka ingin membuat kesepakatan, tapi apakah saya ingin? Saya akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri besok di Gedung Putih," tulis Trump dalam akun resminya, Kamis (10/10).

Dikutip dari Reuters, pejabat tinggi AS dan Tiongkok mulai melakukan pertemuan pada hari ini untuk pertama kalinya sejak perundingan akhir juli lalu yang berakhir mandek.

(Baca: Bank Dunia Proyeksikan Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Makin Melambat)

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menyambut Wakil Perdana Menteri China Liu He di tangga kantor USTR sebelum pertemuan negosiasi. Kedua belah pihak akan berupaya menengahi permasalahan yang menimbulkan perang tarif antara kedua negara dan mengganggu pasar keuangan global.

Suasana antara kedua negara memburuk jelang pembicaraan, seiring kebijakan pemerintah AS membuat daftar hitam 28 baru pada perusahaan Tiongkok. AS juga memberlakukan pembatasan visa pada pejabat Tiongkok atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia terhadap minoritas Muslim di Tiongkok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...