IHSG Melesat 1,36% Menutup Pekan Ini meski Investor Asing Jual Saham

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Agustiyanti

11/10/2019, 17.44 WIB

Asing melakukan jual bersih mencapai Rp 477,8 miliar untuk seluruh pasar dan Rp 309,22 miliar khusus untuk pasar reguler.

IHSG
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan pekan ini berakhir menguat 1,36% ke level 6.105,8. Penguatan IHSG terjadi meski asing melakukan jual bersih.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan pekan ini berakhir menguat 1,36% ke level 6.105,8. Penguatan IHSG terjadi meski asing melakukan jual bersih.

Mengutip data RTI Infokom, asing melakukan jual bersih mencapai Rp 477,8 miliar untuk seluruh pasar dan Rp 309,22 miliar khusus untuk pasar reguler.

IHSG hari ini dibuka di level 6.033. Sepanjang perdagangan, IHSG terus bergerak menanjak dan sempat mencapai level 6.109,11. Sebanyak 266 saham naik, 140 saham turun, sedangkan 141 saham tak bergerak. 

(Baca: Ada Potensi Damai Dagang AS-Tiongkok, IHSG Sesi I Melesat Naik 1%)

Dari seluruh sektor saham, hampir seluruhnya menguat. Saham sektor industri memimpin kenaikan indeks mencapai 2,89%, disusul sektor aneka industri sebesar 2,46% dan manufaktur sebesar 2,19%.

Hanya saham sektor agribisnis yang berakhir melemah sebesar 1,1%.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan penguatan IHSG tersebut disebabkan adanya potensi damai terdahap perdang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

"Ada potensi damai antara AS dan Tiongkok, sehingga Bursa Asia pun ikut menguat. Ini menjadi sentimen positif bagi IHSG," kata William kepada Katadata.co.id, Jumat (11/10).

 (Baca: IHSG Hari ini Diramal Naik, Saham Properti dan Tambang Direkomendasi)

Pada perdagangan hari ini, investor asing banyak melepas saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Sementara aksi beli masih dilakukan asing pada saham PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Mayoritas bursa saham Asia pada perdagangan hari ini juga ditutup menguat. Nikkei melesat 1,51%, Shanghai Composite Index melaju 0,88%, dan STI Index naik 0,79%.

Meski asing keluar dari bursa saham pada hari ini, BI mencatat aliran modal asing sejak awal tahun hingga 10 Oktober mencapai Rp 195,5 triliun. Secara rinci, modal asing masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 140,6 triliun dan Rp 52,9 triliun ke pasar saham.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan