Setelah SBY, Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Prabowo di Istana

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Agustiyanti

11/10/2019, 15.52 WIB

Pertemuan dengan Prabowo diadakan hanya sehari setelah Jokowi bertemu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jokowi, Prabowo
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu empat mata dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). Prabowo datang ke Istana pukul 15.00 WIB.

Prabowo datang didampingi oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo dan Sugiono. Kemudian, Prabowo langsung menemui Jokowi di Ruang Jepara. Keduanya kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Awak media yang hadir dipersilakan mengambil foto di awal pertemuan keduanya. Selanjutnya, diskusi antara Jokowi dan Prabowo berlangsung secara tertutup tanpa didampingi pihak lain.

Pertemuan dengan Prabowo ini diadakan hanya sehari setelah Jokowi bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan Jokowi dan SBY salah satunya membahas wacana Demokrat bergabung dengan koalisi pemerintah.

“Ya kami berbicara itu,” kata Jokowi.

(Baca: Setelah Bertemu SBY, Jokowi Buka Peluang Rombak Susunan Kabinet Baru)

Hanya saja, Jokowi mengaku belum ada keputusan dari pembicaraannya dengan Presiden keenam RI tersebut. Jokowi lantas meminta awak media untuk menanyakan hal itu lebih lanjut kepada SBY secara langsung.

“Belum sampai ke sana,” kata Jokowi.

Sikap politik Demokrat dan Gerindra pasca-Pilpres 2019 memang masih menjadi teka-teki. Gerindra sendiri sebelumnya diisukan mendapatkan tawaran bergabung ke dalam koalisi pemerintah.

Hal tersebut pun sempat dibenarkan Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani. Namun, Muzani mengatakan Gerindra belum mengambil keputusan. Partainya saat ini memiliki posisi berseberangan dengan pemerintah.

“Memang ada dan tidak bisa dipungkiri ada pemikiran di sekitar Istana (mengajak Gerindra masuk koalisi pemerintah),” kata Muzani.

(Baca: Jokowi-SBY Berdiskusi Dua Jam di Istana Bahas Koalisi)

Prabowo sendiri disebut akan segera memutuskan sikap partainya untuk lima tahun ke depan. Hal itu bakal diputuskan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra yang digelar pada 15-17 Oktober 2019.

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Rakernas rencananya digelar di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Prabowo akan mengundang seluruh pimpinan DPP dan DPD Gerindra dalam Rakernas tersebut.

Mereka, kata Dahnil, bakal dimintai masukan terkait sikap politik partai ke depannya. “Baru di situlah Pak Prabowo akan menyampaikan kepada publik sikap politik Pak Prabowo dan sikap politik Gerindra,” kata Dahnil.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan