Usai Malaysia dan Singapura, Shopee Bidik Pasar Ekspor ke 4 Negara

Cindy Mutia Annur
14 Oktober 2019, 19:28
Kika - Dennis Adishwara, Daniel Minardi (Head of Brands Management Shopee Indonesia), Sissy Prescilla saat mengumumkan Shopee 10.10 Super Brands Day di Jakarta, Selasa (17/0).
Shopee
Kika - Dennis Adishwara, Daniel Minardi (Head of Brands Management Shopee Indonesia), Sissy Prescilla saat mengumumkan Shopee 10.10 Super Brands Day di Jakarta, Selasa (17/0).

Plaftorm e-commerce Shopee resmi meluncurkan program ekspor Kreasi Nusantara untuk produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke Malaysia dan Singapura, Senin (14/10). Perusahaan menargetkan bisa memperluas pasar ekspor ke empat negara lain di Asean seperti Thailand, Vietnam, Taiwan, serta Filipina pada tahun depan.

Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, insiatif program ekspor produk UMKM sudah dilakukan sejak 23 September 2019. Pihaknya berupaya membantu pelaku usaha memperluas pasarnya ke luar negeri melalui proses uji coba sistem dan pengunggahan (uploading) untuk data produk UMKM.

Melalui program 'Kreasi Nusantara: Dari Lokal untuk Global', perusahaan menargetkan mengekspor 5 ribu produk UMKM ke dua negara, yakni Malaysia dan Singapura pada tahap pertama.

(Baca: Shopee Target Ekspor 5 Ribu Produk Lokal ke Malaysia dan Singapura)

Selanjutnya, perusahaan juga menargetkan bisa mengembangkan pasar ekspornya ke beberapa negara lain dimana Shopee beroperasi, seperti Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

"Harapan kami, di pertengahan tahun depan kami bisa pertimbangkan untuk memperluas pasar ekspor kami di sana," ujar Radityo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (14/10).

Adapun pada momentum 11.11 tahun ini, pihaknya juga berencana mendorong program ekspor tersebut secara marketing. Hal ini diharapkan efektif menggenjot penjualan produk lantaran bakal disokong oleh berbagai promo di beberapa toko.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, perusahaan ingin mendorong program ekspor 'Kreasi Nusantara' untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan pasar ekonomi digital di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...