Palapa Ring Beroperasi, Konsumsi Internet Diprediksi Tak Naik Pesat

Image title
Oleh Fariha Sulmaihati - Cindy Mutia Annur
16 Oktober 2019, 12:09
internet
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi internet. Konsumsi data internet diperkirakan tak naik signifikan meski Palapa Ring beroperasi penuh karena populasi penduduk di wilayah terluar tak terlalu besar.

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekominikasi (APJATEL) menyatakan pengoperasian Palapa Ring secara penuh tak akan mendongkrak konsumsi data internet secara signifikan. Palapa Ring merupakan jaringan serat optik nasional yang disebut-sebut bisa menghubungkan internet di seluruh Indonesia.

Ketua Apjatel Muhammad Arif Angga mengatakan wilayah terluar Indonesia yang belum terjangkau oleh sinyal internet saat ini sudah bisa terhubung. Namun, ia memproyeksi kenaikan konsumsi data internet tak akan terlalu signifikan.

 "Kalau signifikan sepertinya tidak juga, karena bagaimanapun di daerah terluar populasinya tidak terlalu banyak," kata Arif kepada Katadata.co.id, Rabu (16/10).

Selain itu, menurut dia, masih dibutuhkan jaringan akses agar lebih menjangkau ke masyarakat. Meski demikian, ia berharap kehadiran Palapa Ring ini bisa meningkatkan ekonomi, memperbaiki pendidikan hingga hingga ke pelosok, serta memperkuat persatuan Indonesia.

(Baca: Kominfo Ingin Palapa Ring di Kalimantan Rampung Sebelum Ibu Kota Baru)

VP Regulatory Management Telkomsel  Andi Agus Akbar menjelaskan,  pengoperasian penuh Palapa Ring akan meningkatkan kualitas internet di Tanah Air. Tingkat latensi (delay) dalam menikmati video, misalnya, menurut dia akan jauh lebih baik. 

"Video tidak akan terlalu banyak delay dibandingkan saat menggunakan satelit. Kalau satelit kan, gambar sampai tapi suaranya belakang. Dengan jaringan palapa ring, bisa sampai bersamaa," ungkap dia. 

Andi menambahkan pengoperasian Palapa Ring juga dapat menghemat biaya infrastruktur telekomunikasi. Saat ini, menurut dia, biaya transmisi yang dapat dihemat dari pengoperasian Palapa Ring mengambil porsi sebesar 30% dari total biaya perusahaan. 

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...