Hubungan Amerika dan Tiongkok Memanas, Harga Emas Kembali Menanjak

Agustiyanti
17 Oktober 2019, 09:18
harga emas, perang dagang amerika - cina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
ILustrasi. Harga emas di pasar spot tadi malam naik 0,5% menjadi US$ 1,488.84 per ons. Adapun harga emas berjangka AS ditutup naik 0,7% menjadi US$ 1,494.

Harga emas Antam pada hari ini naik Rp 6.000 menjadi Rp 758.000 per gram. Penguatan harga emas Antam seiring menanjaknya harga emas dunia akibat kekhawatiran sikap Amerika Serikat terkait Hong Kong dapat berdampak pada kesepakatan dagang dengan Tiongkok.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,5% menjadi US$ 1,488.84 per ons. Adapun harga emas berjangka AS ditutup naik 0,7% menjadi US$ 1,494.

Advertisement

Di tengah hubungan AS dan Tiongkok yang memburuk, parlemen AS berencana mengeluarkan undang-undang yang akan memberikan tindakan kerjas kepada Beijing. Tiga di antaranya terkait dengan protes pro demokrasi di Hong Kong.

"Banyak orang berpikir ini (undang-undang AS tentang Hong Kong) akan menghambat negosiasi tarif. Sekali lagi, ketika tarif dipertanyakan, orang lari ke emas," kata Michael Matousek, Kepala Trader di Investor Global AS.

(Baca: Tren Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Loyo Rp 4.000 per Gram)

Analis juga waspada terhadap hasil KTT Brexit di Brussels pada Kamis dan Jumat ini. Pertemuan tersebut akan menentukan apakah Inggris menuju kesepakatan untuk meninggalkan Uni Eropa pada tanggal jatuh tempo dan keluar tanpa kesepakatan atau penundaan.

Pasar ekuitas AS bergerak lebih rendah karena kekhawatiran investor tentang undang-undang yang menargetkan Hong Kong mengimbangi pendapatan emiten yang positif. Hal ini turut membantu harga emas. Investor juga menunggu pertemuan The Federal Reserve AS pada akhir bulan untuk kejelasan penurunan suku bunga lebih lanjut.

(Baca: Turun Tipis, Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 5.588 T pada Agustus)

Sementara itu, mengutip situs logammulia.com, penurunan harga emas merata untuk seluruh produk emas yang dijual berdasarkan bobot. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement