Kemendag bisa Terbitkan Satu Izin Impor Daging Sapi Brasil Pekan Depan

Rizky Alika
17 Oktober 2019, 13:34
kementerian perdagangan, kemendag, impor daging, impor daging sapi brazil
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pedagang daging sapi menimbang dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta (14/10/2019). Kemendag bisa menerbitkan izin impor daging sapi Brazil untuk PT Berdikari pekan depan jika seluruh dokumen persyaratan telah dilengkapi.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperkirakan satu izin impor daging sapi akan keluar pada pekan depan. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, pihaknya telah menerima rekomendasi impor dari Kementerian Pertanian.

Rekomendasi impor tersebut ialah milik PT Berdikari (Persero). Proses pengecekan rekomendasi diperkirakan berlangsung selama lima hari. "Kalau dokumennya lengkap, perizinan impor bisa diberikan pekan depan," kata dia di sela-sela Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (17/10).

Menurutnya, pemeriksaan dokumen dilakukan melalui sistem layanan elektronik, yaitu Inatrade. Bila dokumen tidak lengkap, sistem akan menolak permohonan izin impor tersebut. Dengan demikian, pengajuan izin impor perlu diulangi kembali dengan melampirkan dokumen secara lengkap.

Selain Berdikari, pemerintah juga menugaskan Perum Bulog dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk mengimpor daging sapi Brasil tahun ini. Namun, Wisnu mengatakan Kemendag belum menerima rekomendasi impor milik Perum Bulog dan PT PPI.

(Baca: Impor Daging Sapi Brasil Masih Tunggu Rekomendasi Kementan)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...