Jokowi Bakal Umumkan Kabinet Kerja Jilid 2 Besok Pagi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Desy Setyowati

20/10/2019, 15.06 WIB

"Saya perkenalkan dulu. Setelah itu dilantik," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Jokowi mengatakan bakal mengumumkan kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengatakan bakal mengumumkan kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal mengumumkan nama-nama yang masuk kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi. Jokowi mengungkapkan, formasi kabinet untuk masa jabatan 2019-2024 telah rampung disusun.

Karena itu, ia bakal mengumumkan kabinet baru besok pagi. “Saya perkenalkan dulu. Setelah itu dilantik. Kalau sudah diperkenalkan, pasti dilantik,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Ia baru akan mengumumkan nama-nama tersebut besok pagi, karena agendanya hari ini cukup padat. Jokowi masih akan menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan dan Presiden Vietnam Đặng Thị Ngọc Thịnh.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan bertemu dengan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio. Lalu, menerima kunjungan utusan khusus dari Korea Selatan, Filipina, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat (AS).

Selain itu, jadwal Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin cukup padat. Besok sore, Ma’ruf dijadwalkan menghadiri penobatan Kaisar baru Jepang Naruhito. “(Senin) sorenya Pak Kiai Ma'ruf Amin harus ke Jepang,” kata Jokowi.

(Baca: Luhut & Sri Mulyani Disebut Tetap Menjabat, Airlangga Akan Jadi Menko)

Jokowi pun meminta publik untuk bersabar atas pengumuman nama-nama yang masuk kabinetnya. Hal ini termasuk dengan nasib Gerindra dan Demokrat.

Hingga saat ini, Jokowi belum memutuskan apakah Gerindra dan Demokrat masuk ke dalam koalisi pendukung pemerintah dan kabinet. “Besok dilihat,” kata Jokowi.

Saat ini, Jokowi telah bertolak dari Istana Merdeka ke gedung DPR/MPR RI, Jakarta untuk mengikuti acara pelantikan dirinya dan Ma’ruf. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Jokowi pergi sekitar pukul 14.20 WIB.

(Baca: Selain Prabowo, Tito dan Budi Gunawan Disebut Berpeluang Jadi Menteri)

Dia berangkat bersama istrinya, Iriana dan ketiga anaknya yakni Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Tampak juga suami Kahiyang, Bobby Nasution dan anaknya, Sedah Mirah Nasution dalam rombongan.

Sedangkan Ma’ruf berangkat lebih dulu ke Gedung DPR/MPR, dari kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta.

Meski baru akan diumumkan besok pagi, Jokowi menyampaikan bahwa tidak ada perubahan jumlah nomenklatur kementerian yaitu sebanyak 34 kementerian. Namun, dia tidak menjelaskan mengenai pengadaan pos wakil menteri (wamen).

(Baca: Kabinet Baru Jokowi Dikabarkan Tetap 34 Menteri, Ada Minimal 11 Wamen)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan