Jokowi Bakal Umumkan Kabinet Kerja Jilid 2 Besok Pagi

Dimas Jarot Bayu
20 Oktober 2019, 15:06
Jokowi mengatakan bakal mengumumkan kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengatakan bakal mengumumkan kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal mengumumkan nama-nama yang masuk kabinet periode keduanya besok (21/10) pagi. Jokowi mengungkapkan, formasi kabinet untuk masa jabatan 2019-2024 telah rampung disusun.

Karena itu, ia bakal mengumumkan kabinet baru besok pagi. “Saya perkenalkan dulu. Setelah itu dilantik. Kalau sudah diperkenalkan, pasti dilantik,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Ia baru akan mengumumkan nama-nama tersebut besok pagi, karena agendanya hari ini cukup padat. Jokowi masih akan menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan dan Presiden Vietnam Đặng Thị Ngọc Thịnh.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan bertemu dengan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio. Lalu, menerima kunjungan utusan khusus dari Korea Selatan, Filipina, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat (AS).

Selain itu, jadwal Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin cukup padat. Besok sore, Ma’ruf dijadwalkan menghadiri penobatan Kaisar baru Jepang Naruhito. “(Senin) sorenya Pak Kiai Ma'ruf Amin harus ke Jepang,” kata Jokowi.

(Baca: Luhut & Sri Mulyani Disebut Tetap Menjabat, Airlangga Akan Jadi Menko)

Jokowi pun meminta publik untuk bersabar atas pengumuman nama-nama yang masuk kabinetnya. Hal ini termasuk dengan nasib Gerindra dan Demokrat.

Hingga saat ini, Jokowi belum memutuskan apakah Gerindra dan Demokrat masuk ke dalam koalisi pendukung pemerintah dan kabinet. “Besok dilihat,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...