Fokus Politik, Gibran Putra Sulung Jokowi Serahkan Bisnis ke Sang Adik

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Ekarina

21/10/2019, 19.32 WIB

Gibran mengatakan, saat ini sudah waktunya pensiun dari bisnis lantaran memiliki aktivitas di bidang politik.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi putranya Gibran Rakabuming (kanan) menyalami warga sebelum mengikuti upacara pelantikan. Gibran siap menyerahkan bisnisnya ke sang adik lantaran bakal berfokus di bidang politik.
ANTARA FOTO/Rachman
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi putranya Gibran Rakabuming (kanan) menyalami warga sebelum mengikuti upacara pelantikan. Gibran siap menyerahkan bisnisnya ke sang adik lantaran bakal berfokus di bidang politik.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mengatakan siap menyerahkan sejumlah unit bisnisnya ke sang adik, Kaesang Pangarep. Ini dilakukan seiring dengan fokusnya terjun ke bidang politik.

Mengikuti jejak sang ayah, Gibran akhirnya mulai menapaki bidang politik. Pada bulan lalu, pemilik Chili Pari katering ini resmi bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia juga disebut tengah mencalonkan diri sebagai wali kota Solo dari partai berlambang banteng tersebut. 

Gibran mengatakan, saat ini sudah waktunya pensiun dari bisnis lantaran memiliki aktivitas di bidang lain, yakni politik.

"Saya ingin lebih fokus di bidang itu, jadi tidak bisa lagi di bisnis. Makanya saya akan serahkan  bisnis saya ke Kaesang," ujar Gibran saat ditemui dalam konferensi pers peresmian Goola x Mangkok Ku di Jakarta, Senin (21/10).

(Baca: Jalan Gibran Rakabuming, Putra Jokowi di Antara PDIP dan Gerindra)

Gibran mengaku yakin menyerahkan unit bisnis miliknya kepada Kaesang. Terlebih adiknya kini sudah menamatkan pendidikan di  Singapore University of Social Sciences (SUSS). 

Ia juga menjelaskan Kaesang telah memulai bisnis di usia yang lebih muda darinya. Deretan bisnis Kaesang di antaranya yaitu gerai pisang olahan Sangpisang, yang kini sudah memiliki 90 cabang serta ekspansi ke Malaysia.

Namun, bisnis-bisnis itu menurutnya tak serta merta diserahkan ke Kaesang lantaran akan  ada proses transisi selama setahun. Dia pun menyatakan, masih akan mengawasi bisnis tersebut. 

"Pokoknya satu per satu lah, biar Kaesang sambil belajar juga, ada masa transisi satu per satu (unit bisnis). Saya yakin Kaesang bisa dan mampu untuk bisa membesarkan lagi (bisnis saya)," katanya. 

Gibran saat ini diketahui memiliki bisnis di bidang kuliner yang sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu. Bisnis tersebut di antaranya, Chili Pari katering, kedai martabak Markobar, kudapan ringan Siap Mas, restoran Mangkok Ku, dan startup kuliner minuman tradisional Goola. 

(Baca: Startup Milik Putra Jokowi Dapat Tambahan Modal Rp 71 Miliar)

Sementara itu, rencana pengalihan bisnis Gibran pun disanggupi sang adik. Kaesang juga menyatakan tak memiliki persiapan khusus menerima mandat Gibran. 

"Ya saya siap. Pokoknya siap banget," katanya singkat.

Selain Sang Pisang, putra bungsu Jokowi ini juga memiliki sejumlah bisnis, seperti minuman Ternak Kopi, Aplikasi Madhang dan bisnis clothing line Sang Java. Kemudian ada pula bisnis hasil kolaborasi dengan kakaknya, seperti jas hujan merek Tugas Negara Bos yang hanya dijual di sejumlah platfrom e-commerce serta aplikasi permainan Hompimpa Games. 

 

 

 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan