Profil Wishnutama, Calon Anggota Kabinet Bidang Ekonomi Kreatif

Pingit Aria
21 Oktober 2019, 18:08
Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, Wishnutama Kusubandio mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Mingg
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, Wishnutama Kusubandio mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya periode tahun 2019-2024 bersama Wapres Ma'ruf Amin.

Wishnutama turut mendatangi Istana untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kedatangannya menyusul beberapa tokoh lainnya seperti Mahfud MD dan Nadiem Makarim. Mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam, pria yang akrab disapa Tama itu pun disebut bakal menjadi calon menteri Jokowi periode 2019-2024.

Tanpa menyebut detail, ia memberi bocoran soal jabatan yang akan diembannya. "Kira-kira di bidang yang (sesuai) kemampuan saya lah. Ya kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia, lalu juga meningkatkan devisa,” katanya usai bertemu Jokowi, Senin (21/10).

Advertisement

Lalu, siapa Wishnutama? Berikut profilnya:

Wishnutama Kusubandio lahir di Jayapura, Papua pada 4 Mei 1970. Ia menempuh pendidikan sekolah menengah di Jakarta. Setelah itu ia melanjutkan SMA di Kooralbyn International School, Queensland, Australia dan International School Singapore.

(Baca: Airlangga Hartarto, Sukses Jadi Pengusaha hingga Duduki Kursi Menteri)

Wishutama melanjutkan pendidikan tingginya di Amerika Serikat (AS). Ia kuliah di Military College of Vermont di Norwich University. Setelah itu, Wishnutama mengambil jurusan Liberal Arts di Mount Ida College, Boston dan Jurusan Komunikasi di Emerson College, Boston.

Nama Wishnutama kemudian dikenal luas di bidang pertelevisian. Ia pernah kerja paruh waktu sebagai asisten produksi di New England Cable News. Setelah lulus dari Emerson College, ia bekerja di stasiun televisi WHDH7 di Boston, AS.

Pada tahun 1994, Wishnutama kembali di Indonesia dan bekerja sebagai Supervisor On Air Promotion di Indosiar. Kariernya terus berkembang hingga ia menjadi Production Manager.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement