Baru Ditelefon Jokowi, Basuki Hadimuljono Datang ke Istana  

Penulis: Rizky Alika

Editor: Agustiyanti

22/10/2019, 11.49 WIB

Mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku baru ditelefon Jokowi pagi ini untuk datang ke Istana Negara menggunakan kemeja putih.

Basuki Hadimuljono
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Kabinet Kerja 2014 - 2019, Baoseki Haldimoeljono mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (22/10).

 

Mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tiba di Istana Merdeka pada pukul 11.18 WIB mengenakan baju kemeja putih berlengan panjang. Ia datang tak lama setelah ditelfon oleh Presiden Joko Widodo yang meminta dirinya hadir di Istana.

 "Baru saja (dipanggil), ini langsung (ke Istana). Lewat telepon saja (dihubunginya)," kata dia di Kompleks Istana, Jakarta, Selasa (22/10).

Ia diarahkan untuk mengenakan kemeja putih. Menurutnya, presiden hanya menyampaikan pesan tersebut tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

(Baca: Luhut & Sri Mulyani Disebut Tetap Menjabat, Airlangga Akan Jadi Menko)

Basuki juga tidak mengetahui apakah akan kembali menempati posisi sebelumnya sebagai Menteri PUPR.

Sebelumnya, ia juga mengaku belum berkemas dari rumah dinasnya. Basuki mengatakan, belum ada keputusan bagi dirinya untuk meninggalkan rumah dinas.

 Saat ditanya apakah Basuki akan menjadi menteri lagi, dia tak menjawabnya secara tegas. Namun demikian, dia mengatakan siap untuk kembali masuk kabinet Jokowi periode kedua.

 "Kalau itu perintah, saya laksanakan,” kata Basuki.

(Baca: Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan, Ada Banyak Permintaan Jokowi)

Sementara itu, sejumlah tokoh sudah mendatangi Istana Negara sejak tadi pagi. Beberapa di antaranya yakni Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Politikus PDIP Juliari Batubara, Politikus Golkar Agus Gumiwang, Politikus PPP Soeharso Monoarfa, serta Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo dan Sitti Nurbaya yang sebelumnya juga menjabat sebagai mantan Menteri Lingkungan Hidup. 

Dari seluruh tokoh yang datang, hanya Sri Mulyani yang menyebut posisi yang akan diembannya pada kabinet mendatang, yakni kembali menjadi Menteri Keuangan.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan