24 Tahun Kiprah Desainer Rinaldy Yunardi Hingga Menembus Hollywood

Pingit Aria
23 Oktober 2019, 16:22
Rinaldy Yunardi bersama Syahrini yang mengenakan tiara buatannya, 1 Agustus 2019.
Instagram/@rinaldyyunardi
Rinaldy Yunardi bersama Syahrini yang mengenakan tiara buatannya, 1 Agustus 2019.

Nama Rinaldy A Yunardi sudah tidak asing lagi di jagat mode Tanah Air. Bahkan, dengan berbagai karya yang dikenakan oleh selebritis Asia maupun Amerika, Rinaldy  kerap disebut-sebut sebagai seorang desainer aksesoris kelas dunia.

Rinaldy adalah desainer fesyen dan aksesori yang berasal dari Jakarta. Ia memulai kariernya pada 1996 dengan merancang Tiar Wedding yang kemudian diperluas dengan aksesori-aksesori fashion lainnya, seperti kalung, gelang, anting, hingga tiara.

Ia menyatakan bahwa kiprahnya selama 24 tahun dimulai begitu saja. “Saya tidak pernah bercita-cita menjadi desainer. Bisa dibilang ini jalan Tuhan," kata Rinaldy di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, Selasa (22/10).

Darah seni Rinaldy berasal dari kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai perajin. Ibunya merupakan pembuat kerajinan tangan dari kertas, sedangkan ayahnya merupakan perajin tas dari bahan kulit.

Menjadi bintang tamu dalam talkshow bertema "Teknik Tradisi Perhiasan Indonesia untuk Desain Avant Garde" bersama Fashionlink Showroom & Market, Rinaldy menyatakan bahwa perjalanan kariernya tidak mudah.

(Baca: Devisa Pariwisata Ditarget US$ 20 Miliar, JFW Jadi Agenda Nasional)

Belajar secara otodidak, Rinaldy memulai usahanya tanpa pengetahuan yang memadai soal proses produksi, apalagi jaringan bisnis. Awalnya, ia mencoba membuat aksesori dengan bahan akrilik, lalu logam.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...