24 Tahun Kiprah Desainer Rinaldy Yunardi Hingga Menembus Hollywood

Penulis: Pingit Aria

23/10/2019, 16.22 WIB

Tiara dan berbagai aksesori karya Rinaldy Yunardi pernah dipakai Gal Gadot, Lady Gaga, Rihanna, hingga Madonna.

Rinaldy Yunardi bersama Syahrini yang mengenakan tiara buatannya, 1 Agustus 2019.
Instagram/@rinaldyyunardi
Rinaldy Yunardi bersama Syahrini yang mengenakan tiara buatannya, 1 Agustus 2019.

Nama Rinaldy A Yunardi sudah tidak asing lagi di jagat mode Tanah Air. Bahkan, dengan berbagai karya yang dikenakan oleh selebritis Asia maupun Amerika, Rinaldy  kerap disebut-sebut sebagai seorang desainer aksesoris kelas dunia.

Rinaldy adalah desainer fesyen dan aksesori yang berasal dari Jakarta. Ia memulai kariernya pada 1996 dengan merancang Tiar Wedding yang kemudian diperluas dengan aksesori-aksesori fashion lainnya, seperti kalung, gelang, anting, hingga tiara.

Ia menyatakan bahwa kiprahnya selama 24 tahun dimulai begitu saja. “Saya tidak pernah bercita-cita menjadi desainer. Bisa dibilang ini jalan Tuhan," kata Rinaldy di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, Selasa (22/10).

Darah seni Rinaldy berasal dari kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai perajin. Ibunya merupakan pembuat kerajinan tangan dari kertas, sedangkan ayahnya merupakan perajin tas dari bahan kulit.

Menjadi bintang tamu dalam talkshow bertema "Teknik Tradisi Perhiasan Indonesia untuk Desain Avant Garde" bersama Fashionlink Showroom & Market, Rinaldy menyatakan bahwa perjalanan kariernya tidak mudah.

(Baca: Devisa Pariwisata Ditarget US$ 20 Miliar, JFW Jadi Agenda Nasional)

Belajar secara otodidak, Rinaldy memulai usahanya tanpa pengetahuan yang memadai soal proses produksi, apalagi jaringan bisnis. Awalnya, ia mencoba membuat aksesori dengan bahan akrilik, lalu logam.

Di Tiar Wedding, Rinaldy pertama kali mencoba untuk membuat desain tiara. Ternyata desainnya mendapat respons positif dari pecinta fesyen.

Karier Rinaldy di pasar internasional dimulai dari perkenalannya dengan Faye Liyu yang merupakan seorang fashion director asal Singapura yang menetap di Hong Kong pada 2016. Koneksi Faye Liyu lah yang mendatangkan pesanan berbagai artis dunia ke Rinaldy.

Aksesori buatan Rinaldi misalnya, pernah dipakai oleh Gal Gadot si "Wonder Woman", Nicki Minaj, Ariana Grande, Mariah Carey, Shakira, Christina Aguilera, Beyonce, dan Kylie Jenner. Namun, yang paling berkesan baginya adalah saat mahkota buatannya dipakai oleh Madonna.

(Baca: Sempat Tertunda, Jakarta Fashion Week Akhirnya Resmi Digelar)

Sang ratu pop mengenakan mahkota Rinaldy pada acara Met Gala 2018 di New York, Amerika Serikat. Acara tahunan yang digelar oleh Majalah Vogue itu merupakan salah satu ajang fesyen paling terkemuka di dunia.

Keberhasilan Rinaldy juga mendapat pengakuan dari Hollywood Reporter yang memasukkan namanya dalam daftar enam perancang aksesori paling hits di Hollywood. “Madonna mencintai Rinaldy, karena itu membuatnya merasa seperti seorang ratu!” kata penata rambut Madonna, Eyob Yohannes. Bagaimana tidak, mahkota itu bernilai US$ 15 ribu atau sekitar Rp 224 juta.

Meski menerima banyak pesanan, Rinaldy mempertahankan proses produksi manual atau handmade. Menurutnya, kerajinan tangan itulah menjadikannya dapat bertahan menjadi desainer kelas dunia selama 24 tahun. "Buat saya handmade mempunyai nilai seni yang lebih tinggi dan berharga," kata dia.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan