Dilantik Rabu Pagi, Ini Kabarnya Susunan Kabinet Baru Jokowi - Ma'ruf

Image title
Oleh Tim Redaksi
23 Oktober 2019, 01:20
Presiden Joko Widodo melantik Ignatius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/10).
Intan|Biro Pers Setpres
Ilustrasi Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/10).

Pelantikan para menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin rencananya akan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, pukul 10.30 WIB, Rabu pagi (23/10). Pelantikan tersebut dilakukan setelah Jokowi menggelar proses diskusi dan pemilihan para kandidat menteri di istana sejak Senin pagi hingga Selasa malam kemarin (21-22 Oktober 2019).

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, setidaknya sudah 35 calon menteri dan pejabat anggota kabinet yang datang ke istana untuk menemui Jokowi. Pemanggilan para calon dilakukan hingga Selasa malam hari. Salah satu calon yang datang pada "kloter akhir" itu adalah Arifin Tasrif, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, yang kabarnya diplot menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kedatangan hampir semua calon menteri tersebut terlihat oleh para wartawan di istana. Usai bertemu presiden, sebagian besar calon itu menjelaskan kepada para wartawan mengenai gambaran bidang pekerjaannya sebagai menteri nantinya. Namun, ada juga yang enggan menyebutkan materi diskusinya dengan Jokowi.

(Baca juga: Arifin Tasrif Akan Duduki Kursi Menteri ESDM di Kabinet Jokowi Jilid 2)

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id hingga pukul 22.00 WIB, Selasa malam (22/10), 32 dari 34 pos kementerian dalam kabinet periode 2019 -2024 sudah terisi. Dua kursi menteri yang masih belum jelas sosok pengisinya adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Adapun, jabatan Jaksa Agung juga belum diketahui pasti pemangkunya. Ada informasi lain yang menyatakan bahwa Mahfud MD bisa mengisi jabatan tersebut, selain pos Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Selain itu, masih belum diketahui calon pejabat yang akan mengisi kursi wakil menteri di sejumlah kementerian maupun kepala beberapa badan dan lembaga setingkat menteri yang sebelumnya direncanakan akan dibentuk Jokowi.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...