Jokowi Ajukan Idham Azis sebagai Calon Tunggal Kapolri

Dimas Jarot Bayu
23 Oktober 2019, 13:05
jokowi, kapolri
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran Mentri Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat (23/10). Jokowi menyebut telah mengajukan Idham Azis untuk menjadi kepada DPR, menggantikan Tito Karnavian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut telah mengajukan nama Komjen (Pol) Idham Azis untuk menjadi Kapolri yang baru kepada DPR. Idham saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

Diajukannya Idham sebagai Kapolri lantaran pendahulunya, Jenderal (Pol) Tito Karnavian sudah resmi menjabat sebagai menteri dalam negeri (mendagri). Pelantikan Tito sebagai mendagri dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

“(Calon Kapolri) Pak Idham Azis,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Jokowi mengatakan, nama Idham sebagai calon Kapolri sudah diajukan kepada DPR pada hari ini. Idham menjadi satu-satunya calon yang diajukan Jokowi. 

(Baca: Tito Karnavian Sebut Idham Azis Bakal Jadi Penggantinya di Polri)

Dengan demikian, pemerintah tinggal menunggu proses seleksi dan persetujuan dari parlemen terkait pencalonan Idham. “Pengganti Kapolri sudah kami ajukan juga hari ini ke DPR,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...