Pengumuman Kabinet Baru Tak Berefek Positif ke Bursa, IHSG Turun 0,28%

Penulis: Happy Fajrian

23/10/2019, 10.26 WIB

Analis mengatakan bahwa IHSG lebih merespon sentimen eksternal yang masih rapuh terhadap perlambatan ekonomi global yang disebabkan perang dagang.

ihsg, ihsg hari ini, kabinet jokowi maruf amin, kabinet jokowi, pengumuman kabinet jokowi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini, Rabu (23/10), bergerak di zona merah jelang pengumuman kabinet baru Jokowi-Ma'ruf Amin. IHSG terkoreksi 0,28% ke level 6.208,00 pada pukul 10.00.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini, Rabu (23/10), langsung terkoreksi tipis 1,08 poin ke level 6.224,42 di tengah penantian pasar terhadap susunan kabinet baru pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Tak lama setelah perdagangan dimulai IHSG sempat naik ke zona hijau ke level 6.235,08 namun setelah itu langsung kembali terperosok ke zona merah. Hingga pukul 10.00, IHSG bergerak di level 6.208,00; turun 17,50 poin atau 0,28%.

Menurut analis Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial, sebenarnya IHSG lebih merespon sentimen eksternal yang masih diliputi ancaman perlambatan ekonomi global yang disebabkan oleh perang dagang.

"Pengumuman kabinet sudah ter-priced in dari Senin kemarin. Dua hari ini IHSG sudah naik hampir 1%, jadi wajar kalau berita (kabinet Jokowi) sudah keluar, habis itu IHSG koreksi," jelasnya kepada Katadata.co.id.

(Baca: Jokowi Minta Sri Mulyani Tetap Menteri Keuangan, IHSG Melesat 0,49%)

Dia menambahkan, bahwa faktor eksternal saat ini sebenarnya masih sangat rapuh. Wall Street kemarin, Selasa (22/10) atau Rabu pagi waktu Indonesia, ditutup turun. Dow Jones turun 0,15% karena earning perusahaan multinasional turun karena efek perang dagang.

Sementara itu Nasdaq turun lebih dalam lagi sebesar 0,72% dan S&P 500 turun 0,36%. "Jadi lebih karena faktor eksternal, sekarang tinggal pemerintah arah kebijakannya seperti apa kedepannya untuk merespon ancaman perlambatan ekonomi global," jelas Janson.

Hal tersebut terbukti lantaran IHSG tidak turun sendirian. Seluruh bursa utama Asia pagi ini juga bergerak lebih rendah. Indeks Strait Times misalnya, ketika berita ini ditulis turun 0,47%; Shanghai turun 0,19%; Hang Seng turun 0,72%; Kospi turun 0,41%; dan Nikkei turun tipis 0,04%.

Terkoreksinya bursa saham Asia pagi ini dipicu oleh perkembangan Brexit yang lagi-lagi tertahan di tingkat parlemen Inggris, serta anjloknya Wall Street yang salah satunya dipicu oleh saham-saham sektor teknologi.

(Baca: Pasar Tunggu Kabinet Jokowi, Analis Prediksi Beragam IHSG Hari Ini)

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya hari ini. Meski belum resmi diumumkan, telah beredar di berbagai media prediksi susunan Kabinet untuk periode 2019-2024.

Tim ekonomi kabinet ini diperkirakan akan diisi oleh Airlangga Hartanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Suharso Monoarfa sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, Sri Mulyani melanjutkan sebagai Menteri Keuangan, serta Erick Thohir sebagai menteri BUMN.

Kemudian Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian, serta Bahlil Lahadalia sebagai kepala BKPM.

(Baca: Ini Daftar Lengkap Susunan Kabinet Jokowi - Ma'ruf 2019 - 2024)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan