Pesan Jonan Kepada Menteri ESDM Baru: Tingkatkan Peran SKK Migas

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Happy Fajrian

23/10/2019, 15.22 WIB

Jonan berharap Arifin dapat meningkatkan peran SKK Migas dalam menjalankan tugasnya.

serah terima jabatan menteri esdm, ignasius jonan, arifin tasrif,
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Arifin Tasrif diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan secara resmi telah melakukan serah terima jabatan kepada Menteri ESDM yang baru Arifin Tasrif. Proses serah terima jabatan tersebut disaksikan oleh para pejabat di lingkungan Kementerian ESDM pada Rabu (23/10).

Jonan mengucapkan selamat atas terpilihnya Arifin sebagai Menteri ESDM menggantikan dirinya. Menurutnya Arifin merupakan sosok sahabat yang sudah ia kenal sejak lama.

"Saya kenal 20 tahun lebih, saya tambah tua pak Arifin gak tambah tua. Temen golfnya ganti-ganti jadi awet muda ya," ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Rabu (23/10).

Lebih lanjut menurut Jonan Arifin merupakan sosok yang tidak terlalu asing di sektor energi. Pasalnya, menurut Jonan, Arifin juga mempunyai pengalaman di PT Pupuk Indonesia. "Mestinya ini akan jalan dengan baik," kata Jonan.

(Baca: Tugas Berat Menteri ESDM Baru: Blok Terminasi Hingga Produksi Migas)

Selain itu Jonan juga berpesan kepada Menteri baru agar peran Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dapat lebih ditingkatkan agar dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Di tempat yang sama, Mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini mendukung proses berjalannya pemerintahan khusususnya di Kementerian ESDM. Dirinya pun meminta maaf jika selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan salama menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM.

"Ada masanya kita bertemu dan ada masanya kita berpisah. Gak ada perpisahan yang ada hanya merasakan berpisah," kata Arcandra.

Dirinya pun juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Arifin sebagai Menteri ESDM baru. Ia berharap di bawah kepemimpinan Arifin, sektor ESDM kembali lebih maju. "Selamat pak menteri baru, semoga ESDM bisa lebih maju, dan bisa jadi the guardian of public interest," ujar Archandra.

(Baca: Pelaku Usaha Harap Menteri ESDM Baru Lebih Ramah Terhadap Investor)

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan