Profil Menko Mahfud MD, Mantan Jubir yang Kini Membawahi Prabowo

Pingit Aria
24 Oktober 2019, 13:57
Mahfud MD, Prabowo, Jokowi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mahfud MD melambaikan tangannya saat hendak bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Mahfud merupakan Menko Polhukam pertama dari kalangan sipil sepanjang sejarah RI.

Mahfud menyatakan, tugas utamanya mengkoordinasikan penegakan hukum. Selain itu, tantangan penegakan hukum di antaranya soal pemberantasan korupsi dan deradikalisasi. "Hal itu terkait dengan ideologi," kata Mahfud usai pelantikan menteri kabinet 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta (23/10).

(Baca: Diangkat Jokowi, Jaksa Agung ST Burhanuddin Disebut Perwakilan PDIP)

Sebagai Menko Polhukam, Mahfud akan membawahi beberapa kementerian, termasuk Kementerian Pertahanan yang kini dipimpin Prabowo Subianto. Sedangkan sebelumnya, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Mahfud merupakan juru bicara tim kampanye Prabowo-Hatta Rajasa.

Sebelum menjabat sebagai Menko Polhukam, pakar hukum tata negara ini memiliki pengalaman lengkap sebagai dosen, duduk di kursi eksekutif, legislatif, hingga yudikatif. Ia pernah jadi menteri, anggota DPR, dan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957 dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya. Sebab, saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama, maka untuk membedakannya ditambahkan sang ayah.

Sejak kecil, Mahfud menempuh dua jenis pendidikan. Pagi hari belajar umum di sekolah dasar dan sore harinya sekolah agama di madrasah. Lulus dari SD, Mahfud melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), di Pamekasan, Madura dan dilanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) selama tiga tahun di Yogyakarta.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...