Kredit Bank Tumbuh Kian Lambat Jadi 8%, Terutama Kredit Konsumsi

Penulis: Agustiyanti

31/10/2019, 14.24 WIB

Perlambatan kredit terutama terjadi pada jenis kredit modal kerja dan investasi.

pertumbuhan kredit
Arief Kamaludin|KATADATA
Perlambatan kredit terutama terjadi pada jenis kredit modal kerja dan investasi.

Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit perbankan kian melambat pada September 2019 dari 8,7% secara tahunan (year on year/yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 8%. Total penyaluran kredit mencapai Rp 5.548,1 triliun.

Berdasarkan data uang beredar yang dirilis BI pada Kamis (31/1), perlambatan terutama terjadi pada jenis penggunaan modal kerja dan konsumsi.

Pertumbuhan Kredit Modal Kerja (KMK) melambat dari 7,5% menjadi 6,1% dengan total penyaluran mencapai Rp2.552,3 triliun. Perlambatan terutama terjadi pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran dari 6% menjadi 5% dan industri pengolahan dari 11,2% menjadi 7,2%.

(Baca: Bank Mandiri Pangkas Target Pertumbuhan Kredit Tahun ini Jadi 9%)

Adapun pertumbuhan kredit konsumsi turun dari 7% menjadi 6,9% dengan total penyaluran mencapai Rp 1.580,2 triliun. Perlambatan terutama terjadi pada kredit kendaraan bermotor dari 3,1% menjadi 1% dengan total penyaluran Rp142,1 triliun.

Sementara itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh melambat dari 11,3% menjadi 10,8% dengan total penyaluran Rp 499,3 triliun.

(Baca: Laba Bersih BCA Naik 13% Meski Kredit Tumbuh Melambat dan Provisi Naik)

Di sisi lain, kredit investasi mengalami peningkatan dari 12,7% menjadi 13% dengan total penyaluran Rp 1.580,2 triliun. Pertumbuhan kredit di segmn ini terutama didorong sektor industri pengolahan yang tumbuh 1,3% setelah terkontraksi 0,6% pada bulan sebelumnya.

BI juga mencatat pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) hingga September 2019 melambat dari 7,3% pada Agustus menjadi 7,1%. Perlambatan DPK terutama terjadi pada giro milik nasabah perorangan dan simpanan berjangka milik korporasi dan perorangan.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan