BMW Bidik Pasar Akhir Tahun dengan The New X1

Penulis: Muchamad Nafi

1/11/2019, 19.14 WIB

Menyasar pengendara dengan jiwa muda dan dinamis, BMW The New X1 dijual Rp 739 juta off the road. Ada beberapa penyegaran.

BMW Bidik Pasar Akhir Tahun dengan The New X1
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pengunjung mengamati mobil The New BMW X1 seusai diluncurkan di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (1/11/2019). BMW Group Indonesia meluncurkan mobil segmen Sports Activity Vehicle (SAV) compact premium terbaru, The New BMW X1 dengan mesin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter tiga silinder yang menghasilkan output maksimum 140 hp serta torsi puncak 220 Nm dan ditawarkan dengan harga Rp739 juta off the road.

Persepsi masyarakat bahwa akhir tahun akan banyak bertabur diskon dimanfaatkan oleh BMW Group Indonesia. Pabrikan otomotif asal Jerman itu meluncurkan mobil segmen sports activity vehicle (SAV) terbaru, The New X1. Mobil compact premium ini menjadi penutup daftar mobil yang diluncurkan BMW di Indonesia pada 2019.

Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan, pada akhir tahun ada kecenderungan konsumen membeli sebuah produk, termasuk kendaraan. “Karena diimbangi dengan diskon, mengingat di mana-mana ada sale,” kata Bayu di sela-sela peluncuran BMW The New X1 di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat, (1/11).

Menurut dia, pada dasarnya calon pembeli akan mensurvei semua jenis kendaraan. Ini merupakan kesempatan untuk menarik perhatian. Dan produk baru akan berpeluang mencuri hati konsumen.

Dilihat dari kacamata pasar, Bayu berpendapat bahwa market otomotif, khususnya mobil, di semester kedua 2019 merupakan waktu yang tepat untuk meluncurkan serta memasarkan produk terbaru. “Tahun lalu kami bikin rencana buat tahun ini. Kami sudah pastikan semester kedua adalah momentumnya,” kata Bayu.

(Baca Juga: Bos BMW Minta RI Konsisten Pakai Standar Stop Kontak Mobil Listrik)

Dia menilai The New X1 yang dirakit secara lokal di pabrik BMW Production Network 2 Gaya Motor, Sunter, Jakarta ini memiliki pasar bagus dan akan terjual dengan baik. Mobil tersebut dibanderol Rp 739 juta off the road, dan menjadikannya mobil BMW termurah saat ini.

Saat ini, X1 berkontribusi 40 - 45 persen dari total penjualan mobil BMW di Indonesia. Karena itulah X1 salah satu model rakitan lokal dengan penjualan paling tinggi mulai dari generasi pertama dan kedua.

PELUNCURAN THE NEW BMW X1
PELUNCURAN THE NEW BMW X1 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

 

Spesifikasi BMW The New X 1

Menyasar pengendara dengan jiwa muda dan dinamis, The New X1 menawarkan beberapa penyegaran, terutama di bagian eksterior depan. Ia hadir dengan BMW kidney grille, serta bumper dan foglamp LED yang lebih besar.

Mengintip dapur pacunya, tidak ada perubahan yang signifikan dibandingkan dengan X1 generasi sebelumnya. Mobil ini bertenaga Twinpower Turbo 1,5 liter dan tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum sebesar 140 hp pada 4400 rpm, serta torsi maksimum hingga 220 Nm pada 1.250 rpm.

Hal ini memungkinkan terjadi transisi yang mulus dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. BMW mengklaim rata-rata konsumsi bahan bakar mobil ini 15,9 kilo meter per liter dan emisi CO2 rata-rata 144 g per kilo meter (siklus WLTP).

Untuk pembaruan eksterior bagian belakang, lampu LED hadir dengan desain baru, LED L shape BMW yang lebih lebar dan terlihat kokoh. Sementara bagian dalam mobil, kabin dari New X1 mengedepankan ruang lapang dan teknologi terbaru, seperti upholstery serta kemudahan akses fitur dengan control display hingga Apple Carplay.

“Semua bisa digerakkan hanya dengan suara untuk menggunakan fitur yang ada di dalamnya,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania di Plaza Senayan, Jakarta.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan