PT PSN Mulai Pasarkan Internet dari Satelit Nusantara Satu

Pingit Aria
2 November 2019, 08:53
(ki-ka) Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono, Direktur Keuangan PSN Ravi Talwar, General Manager of Marketing PSN Meidyanto A, Space System Group Head PSN Johanes Indri dalam konferensi pers peluncuran Satelit Nusantara Sat
Katadata/Cindy Mutia
(ki-ka) Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono, Direktur Keuangan PSN Ravi Talwar, General Manager of Marketing PSN Meidyanto A, Space System Group Head PSN Johanes Indri dalam konferensi pers peluncuran Satelit Nusantara Satu di Jakarta, Jumat (22/2).

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mulai memasarkan solusi internet Ubiqu dari satelit Nusantara Satu yang baru diorbitkan pada awal tahun ini. Karena berbasis satelit, Ubiqu dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini susah sinyal, seperti di pulau terluar, gunung, hutan, dan lokasi terpencil lainnya.

Direktur Niaga PSN Agus Budi Tjahjono mengatakan, Ubiqu sebenarnya telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun, baru tahun ini internetnya berasal dari Nusantara Satu yang berteknologi High Throughput Satellite (HTS).

Advertisement

“Ini membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau dibanding provider sejenis lainnya di Indonesia, karena memiliki kuota yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi, namun lebih hemat di kantong,” kata Agus melalui siaran pers, Jumat (1/11).

Sejak 2017, Ubiqu telah dipasang di ribuan titik yang selama ini belum terjangkau jaringan komunikasi terrestrial seperti radio, GSM, kabel, atau fiber optik. Menurut Agus, selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat memancarkan internet.

(Baca: Palapa Ring Beroperasi, Konsumsi Internet Diprediksi Tak Naik Pesat)

Internet memang bukan masalah bagi masyarakat di perkotaan. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi. “PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement