Bertemu Mendag AS, Luhut Ajak Tesla Bangun Pabrik Baterai Litium

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Rizky Alika
6 November 2019, 19:56
Luhut Pandjaitan, Amerika Serikat, Tesla.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mantan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak pabrikan mobil listrik Amerika Serikat (AS) yakni Tesla berinvestasi di Indonesia. Ajakan ini disampaikan saat ia menerima Menteri Perdagangan AS Willbur Ross di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Rabu (6/11).

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak pabrikan mobil listrik Amerika Serikat (AS) yakni Tesla berinvestasi di Indonesia. Ajakan ini disampaikan saat ia menerima Menteri Perdagangan AS Willbur Ross di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Rabu (6/11).

Luhut  meminta pabrik otomotif milik Elon Musk tersebut menanamkan modal di pabrik baterai litium. Indonesia akan menyediakan bahan baku yakni nikel. "Jadi saya tadi sampaikan, Tesla tadi juga hadir,” kata Luhut dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/11).

Advertisement

(Baca: Bertemu Xi Jinping, Luhut Minta Tiongkok Hapus Bea Masuk Produk Baja)

Luhut menjelaskan permintaan kepada Tesla tersebut agar Indonesia mengembangkan industri yang terintegrasi. Ajakan yang sama juga disampaikan Luhut kepada BMW, Volkswagen, dan Mercedes Benz.

 “Tesla datang ke Tiongkok untuk beli bahan produksi baterai lithium, padahal bahan bakunya mengambil dari Indonesia,” ujar Luhut.

Luhut juga menyampaikan kepada Ross bahwa ia fokus untuk menangani masalah eksekusi proyek dan investasi. Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan menangani kebijakan ekonomi secara makro.

“Sekarang di kami ada 25 proyek nilainya US$ 70-80 miliar, akan diselesaikan dalam 5 tahun

Selain itu, Luhut dan Ross juga membahas isu energi. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang ikut dalam pertemuan mengatakan pembicaraan mencakup kerja sama di bidang teknologi untuk mengoptimalkan pemanfaatan produk biodiesel.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement