Pertegas Posisi, Facebook Ganti Logo Perusahaan dengan GIF Warna-Warni

Pingit Aria
6 November 2019, 15:14
Logo baru Facebook yang ditulis dengan huruf kapital dengan warna yang berganti-ganti.
Facebook
Logo baru Facebook yang ditulis dengan huruf kapital dengan warna yang berganti-ganti.

Facebook bermula dari sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg untuk berjejaring dengan sesama mahasiswa Universitas Harvard. Kini, 15 tahun kemudian, Facebook berkembang menjadi raksasa internet yang menguasai beberapa aplikasi media sosial lain.

Sebelumnya, Facebook identik dengan logo yang berwarna biru muda. Logo dengan kata Facebook yang diketik dengan huruf kecil itu dipertahankan untuk aplikasinya.

Namun, Facebook mengganti logo perusahaan dengan karakter yang diketik dengan huruf kapital. Logo tersebut dibuat menggunakan tipografi Graphics Interchange Format (GIF) yang berganti-ganti warna.

(Baca: Wacana Denda Facebook, Regulasi Uni Eropa dan Usaha Bendung Hoaks)

Setiap warna mewakili tiap-tiap aplikasi di bawah naungan Facebook. Di antaranya, warna biru untuk Facebook, Hijau untuk Whatsapp, jingga untuk Instagram, dan sebagainya.

Saat ini, produk utama Facebook mencakup aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal dan Calibra. Aplikasi-aplikasi tersebut telah berbagi infrastruktur selama bertahun-tahun dan tim di belakangnya pun sering bekerja sama.

"Perubahan ini adalah cara untuk mengkomunikasikan struktur kepemilikan kami dengan lebih baik kepada orang-orang dan perusahaan yang menggunakan layanan kami untuk menghubungkan, berbagi, membangun komunitas, dan menumbuhkan audiens mereka," tulis Antonio Lucio, Chief Marketing Officer Facebook, dikutip dari newsroom.fb.com, Selasa (05/11).

(Baca: Tak Ingin Diblokir, Facebook Hingga Whatsapp Wajib Daftar ke Kominfo)

Dalam waktu dekat, keterangan ‘from Facebook’ dengan logo baru perusahaan akan terpasang dalam setiap aplikasi dalam ekosistem Facebook yang menjangkau lebih dari 2,7 miliar orang. "Orang harus tahu perusahaan mana yang membuat produk yang mereka gunakan," kata Antonio Lucio.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...