Kabar Jokowi Tambah 6 Wamen, Istana: Ada Wamendikbud & Wakil Panglima

Cindy Mutia Annur
10 November 2019, 11:33
wakil menteri, wakil menteri pendidikan, wakil panglima TNI, Nadiem Makarim, Jokowi, kabinet baru jokowi, kabinet indonesia maju
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (keempat kanan) berfoto bersama calon-calon wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sebelum acara pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Juru bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menambah jabatan dalam kabinet Indonesia Maju. Sejauh ini, jabatan yang tengah diproses yakni wakil menteri pendidikan dan kebudayaan (wamendikbud), serta wakil panglima TNI.

Ia mengatakan, wamendikbud akan diangkat sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan pengangkatan wakil Panglima TNI sesuai Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Advertisement

Menurut dia, belum ada pembahasan tentang penambahan jabatan di luar dua jabatan tersebut. Meskipun, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sempat menyebut bahwa ada rencana penambahan enam wakil menteri.

"Jadi (Perpres) yang sudah terbit kami akan proses secepatnya (pemilihan wamen), ini masih dalam proses," ujar Fadjroel usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11).

(Baca: Mensesneg: Usulan Wakil Panglima TNI Sudah Muncul Sejak Zaman Moeldoko)

Namun, ia tidak bisa memastikan kapan pemilihan dan pengangkatan pejabat yang dimaksud. "Itu semua Pak Presiden yang menentukan. Tetapi dari Mensesneg yang bakal memprosesnya," ujarnya.

Ia enggan mengomentari kemungkinan wamendikbud bakal berasal dari golongan Muhammadiyah. Ia juga membantah jabatan tambahan tersebut diadakan untuk bagi-bagi jabatan kepada pendukung pemerintah. "Jadi nanti tidak dilihat pada siapa, berasal dari mana. Mudah-mudahan yang dipilih adalah yang terbaik, percaya-lah," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement