BKPM Ungkap Rencana Investasi Asing Rp700 Triliun Kandas karena Aturan

Agatha Olivia Victoria
12 November 2019, 22:34
BKPM, Investasi 700 triliun, investasi asing tak bisa masuk.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bahlil dalam keterangan BKPM, Selasa (12/11) mengklaim ada rencana investasi asing senilai Rp 700 triliun siap masuk RI namun belum bisa direalisasikan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan rencana investasi asing senilai Rp 700 triliun belum dapat direalisasikan. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari perizinan, perpajakan, hingga pengadaan lahan.

Bahlil mengatakan investasi Rp 700 triliun tersebut berasal dari 24 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Namun akibat kendala domestik, investasi tersebut hanya berakhir pada komitmen saja.

“Rumitnya regulasi membuat banyak investor ini balik badan ke negaranya masing-masing,” kata Bahlil dalam keterangan resmi BKPM, Selasa (12/11).

(Baca: Terkait Investasi & Inovasi, Omnibus Law Didorong Masuk Prolegnas 2020)

Bahlil juga mengatakan ratusan triliun rencana penanaman modal ini pertanda Indonesia menarik di mata investor. Makanya pemerintah siap mengeluarkan kebijakan baru untuk mempercepat investasi.

“Bila perlu sejak turun pesawat investor sudah kami antar dan dampingi sampai jadi perusahaan,” kata Bahlil.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...