Jokowi Minta Peserta Kartu Prakerja Ikut Kursus Barista hingga Coding

Dimas Jarot Bayu
12 November 2019, 15:49
kartu pra kerja, jokowi,
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi, para pencari kerja mengunjungi pameran “Job Fair". Presiden Jokowi menginginkan penerima bantuan Kartu Pra-Kerja dapat memilih pelatihan sesuai peminatannya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi minta agar penerima Kartu Pra-Kerja nantinya dapat memilih langsung pelatihan atau kursus yang sesuai peminatannya. Hal ini dilakukan agar para penerima Kartu Pra Kerja bisa mengoptimalkan pelatihan kemampuannya.

"Misalnya barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi, mungkin programming dan coding," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/11).

Advertisement

Menurut Jokowi, pelatihan ini penting agar tenaga kerja di Indonesia dapat semakin produktif dan memiliki daya saing. Selain itu, pelatihan ini penting agar keterampilan para tenaga kerja bisa sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Dalam catatannya, 58% dari tenaga kerja di Indonesia merupakan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke bawah. "Oleh sebab itu, terkait dengan reformasi sistem pelatihan vokasi saya minta Kartu Pra Kerja ini segera bisa diimplementasikan tahun depan," kata Jokowi.

(Baca: Pemerintah Anggarkan Rp 56 Triliun Untuk Tiga Kartu Sakti Jokowi)

Jokowi menambahkan, pemilihan pelatihan bagi para penerima Kartu Pra Kerja bakal melalui platform digital yang telah disiapkan pemerintah. Dia berharap agar hal ini dapat dikerjakan secara masif lewat penyedia jasa swasta yang telah diprioritaskan.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut terlibat dalam melatih para penerima Kartu Pra Kerja. "Karena BUMN itu memiliki tempat-tempat pelatihan yang sangat representatif. Saya sudah melihatnya beberapa," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement